Panitia Khusus Orang Hilang

Akhir Tahun, Para Eks-Jenderal Dipanggil

VIVAnews - Panitia Khusus (Pansus) Orang Hilang Dewan Perwakilan Rakyat berencana memanggil para mantan jenderal, paling lambat Desember 2008. Pemanggilan ini terkait kasus penghilangan paksa pada tahun 1998.

"Rencananya Pansus akan mengundang paling lambat akhir tahun ini. Setelah masa reses nanti, akhir tahun ini," tegas Wakil Ketua Panitia Khusus Penghilangan Orang Secara Paksa, Darmayanto, usai diskusi Radio Trijaya di Warung Daun, Kebayoran, Jakarta Selatan, Sabtu, 25 Oktober 2008.

Darmayanto menekankan bahwa pemanggilan kepada para mantan jenderal itu sifatnya undangan. Jadi, bukan pemanggilan paksa. Ditegaskan Darmayanto, prosedur pemanggilan itu memiliki dasar hukum yang jelas dan tidak melanggar Hak Asasi Manusia para eks-jenderal tersebut.

"Sekali lagi kita tegaskan tidak ada pemanggilan secara paksa terhadap jenderal-jenderal itu," singkatnya. Tim Panitia Khusus mendesak pemerintah untuk terus menyidik kasus penghilangan paksa ini.

Dia pun berjanji bahwa panitia khusus tidak akan mengecewakan masyarakat. "Jika pemerintah tidak mengindahkan, maka siap-siap saja dihukum oleh masyarakat. Bisa tidak dipilih lagi nanti," ancamnya.

Panitia Khusus Dewan Legislatif berencana memanggil Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, calon presiden dari Partai Hanura Wiranto dan calon Presiden dari Partai Gerindra Prabowo. Ketiganya akan dipanggil untuk dimintai keterangan seputar kasus orang hilang tahun 1998.

Golkar: Kabinet Tidak Boleh Dibatasi karena Prerogatif Presiden
Persib Bandung vs Bhayangkara FC

Persib vs Bhayangkara FC Imbang, Begini Komentar Bojan Hodak

Duel Persib Bandung menghadapi Bhayangkara FC dalam laga lanjutan Liga 1 di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Kamis 28 Maret 2024, berakhir imbang tanpa gol.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024