Pemilihan Pengurus PZPN Akhir Oktober

VIVAnews-Pemilihan pengurus federasi sepakbola Polandia (PZPN) akan digelar 30 Oktober 2008. Keputusan itu disampaikan oleh Presiden FIFA, Sepp Blatter, Jumat, 24 Oktober 2008.

Saat ini, sebagian besar pengurus PZPN masih dalam penyelidikan pihak pengadilan akibat kasus korupsi. Beberapa bahkan sudah ditahan termasuk mantan Manajer Timnas Polandia,  Janusz Wojcik. Karena itu FIFA berharap pemilihan terhadap pengutus PZPN yang baru bisa segera dilakukan.

”Pemilihan akan segera berlangsung,” kata  Sepp Blatter.

Menteri Olahraga Miroslaw Drzewiecki sebelumnya telah merintahkan pengadilan untuk memeriksa PZPN. Keputusan itu diambil sehubungan dengan ditemukannya banyak kejanggalan pada badan tersebut.

Dari hasil pemeriksaan akhirnya ditemukan banyak pejabat PZPN yang terlibat korupsi. Bahkan, Presiden PZPN yang sebelumnya dipegang oleh Michal Listkiewicz akhirnya dicopot dari jabatannya karena  terindikasi korupsi. Dan sebagai gantinya, pemerintah menunjuk salah seorang administrator bernama  Robert Zawlocki.

Sayang, upaya itu ternyata melanggar statuta FIFA. Sebab, penunjukan administrator  termasuk dalam bentuk intevensi pemerintah terhadap federasi sepakbola Polandia. Akibatnya, FIFA sempat mengancam akan membekukan status tuan rumah Piala Eropa 2012 dan tidak melibatkan Polandia pada babak kualifikasi Piala Dunia 2010. 

Belakangan ancaman itu akhirnya dicabut. FIFA tetap memberi kesempatan bagi Polandia untuk menjadi tuan rumah Piala Eropa dan ikut pada kualifikasi Piala Dunia 2010, tapi dengan syarat harus menggelar pemilihan bagi pengurus PZPN yang baru.

SIM Mati Bisa Diperpanjang, Tidak Perlu Bikin Baru
Menteri Investasi Bahlil Lahadalia

Pernah Dampingi Gibran ke Papua, Bahlil Bantah Tudingan Tak Netral

Bahlil Lahadalia merespons tudingan dalam sidang sengketa Pilpres 2024 di MK. Ia dituding tak netral dengan mendampingi Gibran Rakabuming Raka ke Papua.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024