Lahirnya Perserikatan Bangsa-Bangsa

Pada 24 Oktober 1945, Organisasi Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) resmi berdiri setelah 29 negara anggota meratifikasi Piagam PBB di Washington, AS. Sebelumnya, pada 26 Juni 1945, 50 negara menandatangani Piagam PBB di San Fransisco pada Konferensi Organisasi Internasional PBB.

PBB awalnya didirikan untuk mencegah terjadinya perang di masa depan serta menjaga perdamaian dan keamanan dunia. Nama Perserikatan Bangsa-Bangsa sendiri digagas oleh Presiden AS Franklin D Roosevelt dan mulai digunakan pada 1 Januari 1942 dalam Deklarasi PBB.

5 Motor Vespa Bersolek di Indonesia Fashion Week 2024

Saat itu 26 negara sekutu sepakat untuk bersatu melawan negara-negara Poros Tengah. PBB terdiri dari enam badan: Sidang Umum, Dewan Keamanan, Dewan Sosial dan Ekonomi, Dewan Perwalian, Mahkamah Internasional, dan Sekretariat.

Sidang Umum pertama PBB berlangsung pada Januari 1946, dihadiri 51 negara. Saat ini PBB beranggotakan 192 negara. Hanya Vatikan dan Taiwan yang sejauh ini belum terdaftar sebagai anggota PBB.

Kasus Trabrakan beruntun teejadi di gerbang tol Halim Perdana Kusuma Jakarta Timur, Rabu 27 Maret 2024.

Sopir Truk Penyebab Kecelakaan di GT Halim Terancam 4 Tahun Bui

Polisi telah menetapkan sopir truk berinisial MI yang menjadi penyebab kecelakaan beberapa kendaraan di gerbang tol Halim sebagai tersangka.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024