Tips Menghadapi Perampok Modus Ban Kempes

VIVAnews - Perampokan bermodus ban kempes sudah sering menjadi cara perampok menguras harta korbannya di jalan. Terakhir korbannya Lya Caturianty (23) menjadi korban pencurian gara-gara terkecoh informasi palsu komplotan penjahat.

Bagaimana modus kejahatan seperti ini? Modusnya adalah saat korban mengendarai mobil tiba-tiba diteriaki pengendara motor yang menghampiri. "Ban mobilnya kempes," begitu teriak pengendara sambil menunjuk-nunjuk ban mobil.

Jika memang pengendara waspada tentunya tak akan menghiraukan. Tapi jangan salah, perampok lebih pintar. Biasanya, tak berapa lama kemudian, kembali pengendara motor lain memberitahu bahwa ban mobilnya kempes.

Karena berulang-ulang dan oleh orang yang berbeda, tentu saja si korban turun untuk melihat kondisi ban.

Saat inilah yang digunakan perampok beraksi. Bisa ditebak, tak berapa lama korban turun, beberapa orang yang tadi mengendarai motor langsung menodongkan pisau atau senjata api lainnya.

Jika melawan, perampok itu tak akan segan-segan menghabisi korban. Jika sudah begini, bisa dipastikan dompet Anda melayang. Selain itu barang-barang berharga seperti HP ataupun laptop yang biasa tersimpan di dalam mobil pun akan disikat.

Dari modusnya, kelihatan bahwa penjahat sudah mengenali kebiasaan korban. Sehingga ketika perampokan itu terjadi, orang sulit melihatnya, meskipun di jalan besar.

Oleh karena itu, diingatkan agar pengendara mobil hati-hati dengan modus kejahatan tersebut.

Jangan turun atau berhenti bila dirasa tak ada masalah dengan mobil Anda. Kalaupun turun, hentikan mobil di tempat ramai dan aman.

Modus kejahatan ban kempes ini juga dilakukan dengan menebar ranjau paku di kawasan tertentu. Ranjau paku ini tentunya akan mengenai ban mobil.

Saat pengemudi memberhentikan mobil karena bannya kempes itu, para perampok pun beraksi. Karena kebanyakan mobil memakai ban tubles, maka perampok pun pintar dengan tidak menggunakan paku biasa. Biasanya mereka menggunakan bekas rangka baja payung.

Jika ban Anda kempes, jangan buru-buru berhenti. Lihat situasi keamanan jalan. Jika sepi jangan berhenti, paksakan saja berjalan hingga mendapati lokasi jalan yang ramai.

Isi Ramalan Prabu Jayabaya yang Sebut Cerminkan Pemimpin Indonesia
Lee Mijoo Lovelyz.

Plot Twist, Lee Mijoo Jalin Asmara dengan Pesepakbola Top Song Bum-keun

Biz Enter melaporkan Lee Mijoo mengunjungi Jepang untuk bertemu dengan Song Bum-keun yang saat ini sedang merumput di salah satu klub sepakbola di Jepang, Shonan Bellmare

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024