Polda Bali Sita Jutaan Uang Palsu

VIVAnews-Direktorat Polda Bali berhasil mengamankan seorang pelaku pengedar uang palsu (upal) senilai Rp 27 juta asal Bekasi bernama J Purnomo, awal Oktober lalu.

Rincian uang palsu yang berhasil diamankan yakni, uang pecahan Rp 50 ribu sebanyak 429 lembar dengan jumlah Rp21,45 juta, dan pecahan Rp 100 ribu sebanyak 60 lembar senilai Rp 6 juta.

Pria asal Bakasi di Jalan Ujung Harapan RT 008 RW 015 Babelan, Kelurahan Bahagia, ditangkap tepat di depan penginapan Hotel Sanjaya, Jalan legian Kuta, tempatnya menginap.

Awalnya polisi hanya menemukan pecahan upal dibalik jaketnya uang pecahan Rp100 ribu sebanyak 60 lembar. Setelah dikembangkan di tempatnya menginap, polisi menemukan ratusan lembar pecahan Rp 50 ribu.

Dari pengakuannya, uang itu didapatkan dari pencetak upal di Bangil, Jawa Timur. “Kita sudah koordinasi dengan Polda Jatim, dan ini memang jaringan besar,” terang Wilmar.

Purnomo yang seorang makelar mobil ini mengaku mendapat upal dari dua pria bernama Saldi asal Jember dan Aris dari Situbondo. Pembagian, setiap berhasil mengedarkan uang palsunya, dia akan menerima bagian 25 persen.

Direktur Reskrim Polda Bali Kombes Polisi Wilmar Marpaung menjelaskan penangkapan ini berdasarkan informasi masyarakat serta penelusuran dari kasus-kasus sebelumnya.

“Pengungkapan ini hasil kerjasama yang baik antara polisi dengan masyarakat,” ungkap pamen melati tiga ini, Rabu, 15 Oktober 2008.

Wilmar mengatakan untuk upal yang ditemukan kali ini memiliki kualitas nomor satu. “Kalau dipakai untuk transaksi di warung, SPBU, bahkan di hotel sekalipun, tak akan bisa mengenali kalau ini palsu. Apalagi kalau kondisi tangan dalam keadaan berkeringat, karena produknya nyaris sempurna dengan aslinya,” paparnya. *wima saraswati/Bali.

Generasi Muda Harus Cerdas Finansial Dalam Menabung dan Kelola Keuangan
Ilustrasi pergerakan saham

Saham Berdividen, Pilihan Terbaik untuk Investor Konservatif

Saham berdividen merupakan saham dari perusahaan yang secara rutin membayar dividen kepada para pemegang saham. Berikut ini penjelasan manfaat dan risiko saham berdividen

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024