Larangan Terbang ke Uni Eropa

Parlemen Belanda Akan Bantu Indonesia

VIVAnews – Komisi Luar Negeri Parlemen Belanda akan membantu Indonesia untuk melobi Uni Eropa yang melarang maskapai Indonesia terbang ke Eropa. Hal ini diungkapkan Wakil Ketua Komisi Luar Negeri Sidarto Danusubroto dalam jumpa pers bersama Ketua Delegasi Komisi Luar Negeri Parlemen Belanda Heng J Ormel, di gedung DPR, 15 Oktober 2008 seusai mengadakan pertemuan.
Komitmen Belanda untuk membantu tersebut adalah hasil pembicaraan dalam pertemuan antara delegasi Parlemen Belanda yang bertemu Komisi Luar Negeri DPR. “Ini adalah kunjungan Komisi Luar Negeri Belanda yang pertama ke Indonesia,” kata Sidarto dalam jumpa pers yang dihadiri Dubes belanda untuk Indonesia, Nicholas van Damme.
Dalam pertemuan kedua belah pihak, kata Sidarto, Belanda bersedia membantu Indonesia agar larangan maskapai Indonesia terbang ke Eropa dicabut. “Kita memang meminta supaya Belanda ikut mendorong Uni Eropa untuk membuka kembali penerbangan Garuda ke Eropa, tentu akan dimulai dengan penerbangan ke belanda, hal ini akan diperjuangkan oleh Pemerintah Belanda dalam waktu dekat,” kata Sidarto dari Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan. Sidarto berharap dengan terbukanya penerbangan ke Belanda, akan membuka jalan pula bagi penerbangan Garuda kenegara Eropa lain. Sidarto juga mengatakan, delegasi Parlemen Belanda dalam pertemuan mengatakan, seandainya Presiden Susilo Bambang Yudhoyono sekarang datang ke Belanda dengan menggunakan pesawat Garuda, mereka akan menerimanya. “Tidak ada masalah, jadi ada itikad baik dari Belanda untuk membantu memulihkan penerbangan indonesia ke Eropa,” kata Sidarto.
Dalam pertemuan, selain dibahas soal larangan terbang ke Eropa, kedua parlemen juga membahas hubungan bilateral antara kedua negara yang semakin meningkat, baik bidang budaya, politik. Parlemen Belanda  mengatakan, pemerintah Belanda menekankan bahwa Indonesia adalah salah satu negara yang penting di dunia.

Celine Dion Ungkap Penyakit Langka yang Dideritanya: "Saya Berharap Ada Keajaiban"
Capres Anies Baswedan dan Presiden PKS Ahmad Syaikhu.

Presiden PKS: Saatnya Pak Anies Mendukung Kader PKS untuk Maju di Pilkada DKI

Presiden PKS Ahmad Syaikhu berharap Anies Baswedan bisa membantu dan mendukung secara penuh kepada kader PKS yang akan maju di Pilkada DKI Jakarta.

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024