Hanya 2 Perempuan di Urut 1 Calon PDIP

VIVAnews - Sejumlah partai besar dinilai tak berkomitmen meningkatkan jumlah perempuan di parlemen. Sebagai contoh, dari 634 calon anggota DPR dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan, hanya 2 orang yang perempuan yang berada di nomor urut 1.

Temuan itu dibuka Sri Budi Eko Wardani, peneliti dari Pusat Kajian Politik Universitas Indonesia, dalam diskusi di Media Center Komisi Pemilihan Umum, Jakarta, 14 Oktober 2008. Pusat Kajian Politik UI kemudian membandingkannya dengan 6 partai lain.

Enam partai lain hanya sedikit lebih baik. Partai Golkar memiliki 12 perempuan di nomor urut 1 dari 642 calon anggota DPR. Partai Persatuan Pembangunan punya perempuan nomor urut 1 sebanyak 12 dari 452. Partai Demokrat sebanyak 14 dari 673, Partai Kebangkitan Bangsa sebanyak 9 dari 407, Partai Keadilan Sejahtera sebanyak 2 dari 580, dan Partai Amanat Nasional sebanyak 11 dari 601.

Untuk perempuan di nomor urut 2 juga tak lebih baik perbandingannya. Golkar dan PDIP menaruh 19 perempuan, PPP 17, Demokrat 11, PKB 25, PKS 8 dan PAN 16. "Artinya tidak ada satupun parpol yang memberikan kesempatan pada perempuan pada nomor jadi," kata Wardani.

Ditilik dari sistem zipper yang menaruh di antara 3 calon harus ada 1 calon perempuan, 7 partai itu juga tak sepenuhnya melakukan di semua daerah pemilihan. PKS menerapkan zipper di 68 daerah pemilihan, PDIP dan Demokrat masing-masing di 61 daerah pemilihan, PAN di 41 daerah pemilihan dan PPP di 28 daerah pemilihan.

Menanggapi data itu, Anggota KPU, Endang Sulastri, beralasan penempatan perempuan itu wewenang internal partai. Di undang-undang tak ada aturan sanksi yang tegas. "Tetapi calon perempuan bisa untuk memperjuangkan dengan mengarahkan pemilih untuk memilih dirinya meski bukan pada nomor jadi. Karena jika memenuhi bilangan pembagi pemilih 30 persen, berpeluang untuk menang," kata Endang.

Serang Israel, Uni Eropa Bakal Jatuhi Iran Sanksi
Mobil Sedan Ludes Hangus Terbakar di SPBU Ngadirojo Wonogiri

Mobil Sedan Ludes Hangus Terbakar di SPBU Ngadirojo Wonogiri, Polisi Langsung Olah TKP

Sebuah mobil sedan terbakar di SPBU Kecamatan Ngadirojo, Wonogiri saat hendak isi BBM pada Selasa, 23 April 2024. Polisi langsung olah TKP.

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024