Gullit: Sepakbola Amerika Terpasung

VIVAnews – Tersingkir dari bangku pelatih klub MLS, LA Galaxy, membuat Ruud Gullit berani angkat suara soal keadaan sepakbola Amerika Serikat. Pria Belanda itu menilai sepakbola tak bisa berkembang di Amerika karena ada konspirasi memasung si kulit bundar agar tak populer.

“Saya rasa organisasi sepakbola mereka takut karena ketenarannya bisa menelan kepopuleran olahraga asli Amerika,” ujar Gullit pada Reuters.

Gullit menduduki jabatan pelatih di LA Galaxy selama sembilan bulan. Namun, perbedaan pendapat dengan Manajer Umum, Alexi Lalas, membuat mantan pemain AC Milan itu tersingkir.

Lalas tak setuju dengan metode kepelatihan Gullit. Ditambah rekor lima kali kalah dan delapan seri, membuat Gullit gagal mempertahankan posisi pelatih David Beckham cs.

“Peraturan dan segalanya berbeda dari Eropa. Semua yang terlihat logis malah dilakukan sebaliknya di sini. Hal yang membuat banyak pelatih frustrasi,” ucap Gullit.

Sepakbola memang tak terlalu populer di Amerika. Negara adikuasa itu lebih menyukai american football, basket, ataupun bisbol. Untuk menghindari ambigu bahasa, sepakbola disebut soccer, bukannya football seperti yang jamak digunakan di seluruh dunia.

Beberapa klub Eropa, sadar betul kelemahan ini. Makanya, klub seperi Barcelona, Chelsea dan Tottenham Hotspurs, melebarkan sayap ke Amerika. Mereka menjalin kerjasama dengan klub lokal.

Dengan alasan komersil, klub-klub ini akan menghabiskan pra musim di Amerika. Sebagai gantinya, klub Eropa itu berbagi pengalaman dan pelatihan teknis.

Beckham Tak Berguna

LA Galaxy mendatangkan David Beckham ke Amerika dengan tujuan menarik minat masyarakat pada sepakbola. Namun, Gullit menilai mantan pemain Manchester United dan Real Madrid itu tak bisa berbuat banyak atas keadaan di Amerika.

“David (Beckham) sudah melakukan yang terbaik untuk memajukan sepakbola di sana. Namun, ada kekuatan lain di luar kuasanya,” komentar Gullit.

Becks datang ke Amerika pada 2007 dari Madrid. Debutnya pada 21 Juli ditandai kekalahan LA dari Chelsea di Seri Sepakbola Dunia.

Namun, Becks membayar kepercayaan fans LA di pertandingan melawan DC United. Tendangan bebas yang ia layangkan merobek jala DC dan membulatkan kemenangan LA 2-0.

Wajah Sering Kena Matahari Jangan Abaikan Penggunaan Moisturizer
Peristiwa serangan teroris di Gedung Teater dekat Moskow, Rusia

Death Toll Rises to 140 in Moscow Terrorism Attack

The Russian Health Ministry said the death toll from last week's attack on a Moscow concert hall rose to 140 on Wednesday, after another victim died in hospital.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024