Jadi Vegetarian Bikin Langsing?

VIVAnews - Punya keinginan menjalani pola makan vegetarian. Jangan sembarangan menjalaninya. Kenali pola makannya, sehingga kebutuhan nutrisi Anda setiap haro bisa terpenuhi.

Tanya:

Kemenpan-RB Siapkan 200 Ribu Formasi Calon ASN untuk Ditempatkan di IKN

Sudah lama saya berniat menjadi vegetarian. Tapi, sepertinya ada beberapa jenis vegetarian, dan saya belum terlalu memahami pola makannya. Lantas vegetarian apa yang cocok buat saya? Benarkah jika menjalani kebiasaan makan satu ini, berat badan cepat turun?

Indiraxx@gmail.com

J:  Beberapa aspek yang menjadi pertimbangan dalam memilih jenis vegetarian yaitu keadaan tubuh (kesehatan), ketersediaan bahan makanan, kemampuan memproses bahan makanan tersebut,dan selera serta tujuan menjadi vegan.  Ada beberapa jenis vegetarian yang dapat dipilih yaitu vegetarian yang hanya mengosumsi bahan makanan nabati saja, ada juga vegetarian yang juga mengonsumsi telur atau susu,  dan atau ikan.  Tapi, yang perlu diperhatikan adalah asupan protein dari berbagai zat gizi dan kecukupannya harus terpenuhi. 

Melakukan diet vegetarian rasanya kurang tepat jika dikaitkan dengan tujuan menurunkan berat badan. Penurunan berat badan lebih dipengaruhi asupan kalori dari maknan dan keluaran kalori dari aktivitas fisik.  Diet vegetarian tidak berarti kandungan kalori makanan yang dikonsumsi rendah.  Semuanya bergantung jenis bahan makanan, cara mengolah dan jumlah yang dikonsumsi.

Anda ingin mulai jadi vegetarian,tidak perlu langsung total menjalani pola makan vegetarian. Coba beberapa tips berikut.  Komsumsi makanan yang bervariasi. Termasuk polong-polongan, buah-buahan, sayuran dan serat untuk diet Anda. Ini adalah cara terbaik untuk memastikan Anda memperoleh segala nutrisi yang diperlukan.

Selain itu, tambahkan produk kacang kedelai di menu Anda, kecuali Anda alergi terhadap kedelai. Kedelai adalah sumber yang bagus untuk protein. Ditambah lagi kedelai punya kelebihan lain bagi kesehatan dan bisa membantu Anda terlindung dari kanker.

Jika Anda mulai bingung dengan menu makanan, mulailah mengumpulkan resep makanan vegetarian. Selain rasanya lebih pas dengan selera, Anda juga bisa berkreasi dengan bahan-bahan makanan favorit Anda.

Konsultan:
dr. Luciana B. Sutanto
Ahli Gizi

Stabilitas Sektor Jasa Keuangan RI Masih Terjaga, OJK Tetap Waspadai Konflik Iran-Israel
Jumpa pres Kick OFF Pilkada Serentak 2024, di Grandhika Hotel Medan, beberapa waktu lalu.(B.S.Putra/VIVA)

PKS Siapkan Kader Terbaik di Pilkada Sumatera Utara, Siapa Orangnya?

Dewan Pimpinan Wilayah Partai Keadilan Sejahtera atau PKS, Sumatera Utara, sedang mempersiapkan kader terbaik mereka di internal untuk diusung pada Pilkada Serentak 2024.

img_title
VIVA.co.id
17 April 2024