Ekonom AS Raih Nobel Ekonomi 2008

VIVAnews – Ekonom Amerika Paul Krugman diumumkan  memenangkan Hadiah Nobel Ekonomi hari Senin 13 Oktober 2008, untuk analisisnya mengenai pola perdagangan dan lokasi-lokasi dari aktivitas ekonomi.

Gelar RUPST, PT Federal International Finance Angkat Siswadi Jadi Presdir Baru

Krugman, yang lahir tahun 1953, adalah seorang Professor di Universitas Princeton di New Jersey dan kolumnis untuk The New York Times, berhasil memformulasikan teori baru untuk menjawab pertanyaan mengenai perdagangan bebas, demikian diumumkan oleh Royal Akademi Ilmu Pengetahuan Swedia.

“Apakah efek dari perdagangan bebas dan globalisasi ? Apakah kekuatan yang berada di belakang urbanisasi di seluruh dunia ? Paul Krugman telah memformulasikan teori baru untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan itu," kata  surat penghargaan itu.

Ajak Bernostalgia, Dewa 19 hingga Reza Artamevia Guncang Panggung Soul Intimate Concert 2.0

Krugman dengan cara demikian telah menggabungkan bidang-bidang penelitian yang berbeda sebelumnya, dari perdagangan internasional dan geografi ekonomi, katanya lagi.

Krugman adalah satu-satunya ilmuwan AS yang mendapatkan hadiah uang sebesar US$1,4 juta sendirian, dalam deretan pemenang Hadiah Nobel 2008.

BMKG Sebut Gelombang hingga 2,5 Meter Bakal Terjadi di Perairan Indonesia, Ini Lokasinya

Hadiah yang dikenal dengan nama Nobel Memorial Prize dalam Ilmu Ekonomi, adalah penghargaan ke-6 yang diumumkan tahun ini, dan bukan Nobel yang asli. Nobel Ekonomi baru dibuat tahun 1968 oleh Sentral Bank Swedia dalam rangka mengenang Alfred Nobel.

Manajer Manchester United, Erik ten Hag

Ten Hag Ungkap Pemain Ini Bakal Bawa Kesuksesan untuk MU

Manajer Manchester United, Erik Ten Hag masih percaya dengan Casemiro, meski sang pemain dinilai sudah mengalamai penurunan performa.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024