Top 10 Striker Liga Inggris

VIVAnews – Harian ternama Inggris, The Sun, merilis daftar 10 striker terbaik era 1990-2000an. Dalam 10 nama terbaik, menyeruak nama striker Liverpool, Fernando Torres.

Penampilan ciamiknya bersama The Reds dalam kurun waktu hanya dua musim menjadi pertimbangan. Sementara itu, pemain Manchester United, Cristiano Ronaldo, meski keluar sebagai Top Skorer Eropa tak masuk daftar. Bukan karena buruk permainan, cuma karena posisinya bukanlah striker murni.

Jangan kaget bila Anda tak menemukan nama Dwight Yorke, Paolo Di Canio, dan Fabrizio Ravanelli di sini. Tapi kami jamin, nama-nama berikut akan membuat Anda yakin merekalah terbaik di ranah Inggris.

10. Jimmy-Floyd Hasselbaink
Hasselbaink datang ke Inggris bergabung dengan Leeds United pada 1997. Dua musim di Elland Road, pemain kelahiran Suriname ini mencatat 87 penampilan di semua kompetisi. Kehadirannya menjadi roh tersendiri buat The Peacock yang tengah berjuang mengalahkan dominasi The Big For di Inggris.

9.  Didier Drogba
Musim 2004-2005, Drogba mencetak 16 gol dari 40 pertandingan. Sekaligus mengantarkan Chelsea untuk pertama kalinya dalam 50 tahun menjadi juara Premier League. Total sudah dua titel liga, satu Piala FA, Piala Liga, dan Community Shield, ia persembahkan buat The Blues. Termasuk top skorer musim 2006-2007 yang ia torehkan atas namanya sendiri.

8. Ole Gunnar Solskjaer
‘Pembunuh berwajah Bayi’, julukan pemain Manchester United ini. Dalam 336 penampilan tak kurang 126 gol ia lesakkan ke jala lawan. Penampilan paling menakjubkan pria Norwegia ini di musim 97-98, ketika merobek gawang Bayern Muenchen di final Liga Champions, sekaligus melengkapi gelar Treble Winner Setan Merah. Sayang cedera lutut memaksa Ole pensiun din. Kini ia bekerja sebagai Reserve Team Manager di United. 

7. Juergen Klinsmann
Pemain yang kini menjabat sebagai pelatih Bayern Muenchen ini masuk ke Tottenham Hotspur, 14 tahun lalu. Meski hanya bertahan satu musim, Klinsi sukses 41 kali menjebol jala lawan. Itu artinya rata-rata tiap satu pertandingan satu gol. Duetnya dengan Teddy Sheringham masih menjadi legenda di White Hart Lane hingga saat ini.

6.  Fernando Torres
Bersinar di Atletico Madrid, Liverpool memboyongnya ke Anfield musim 2007. El Nino tercatat sebagai pemain kedua dalam sejarah yang berhasil menyarangkan 20 gol di musim pertamanya. Total di akhir musim sudah 29 gol ia persembahkan dalam 35 pertandingan. Musim 2008-2009 juga makin bersinar buat bintang Euro 2008 itu dengan mencetak gol ke 1000 The Reds di ajang Premier League.

5. Gianfranco Zola

Tujuh tahun bergabung bersama Chelsea, sudah jadi alasan menempatkannya sebagai pemain terbaik The Blues sepanjang masa. Pria yang kini melatih West Ham itu dipuji Sir Alex Ferguson sebagai ‘pemain kecil nan cerdas’. Menjadikannya bagian dari segilintir pemain Italia yang sukses di negeri rantau.

4. Dennis Bergkamp

Arsenal membeli Bergkamp yang tengah terpuruk bersama Inter Milan. Namun, di tangan Arsene Wenger, pria Belanda itu menemukan performa terbaiknya. Arsenal sukses jadi rival abadi Manchester United dalam perburuan gelar dan tergabung dalam The Big Four.

3. Ruud van Nistelrooy
Diboyong Manchester United dari PSV Eindhoven, Rudtje menjadi kesayangan publik Old Trafford selama lima musim. Pasalnya, tiap tiga pertandingan, Nistelrooy rata-rata dua kali menjebol jala lawan. Gelar Premier League, FA Cup, Piala Liga, dan Community Shield, jadi prestasi terbaiknya bersama Setan Merah. Tak ketinggalan gelar Top Skorer EPL musim 2002-2003.

2. Eric Cantona
Orang boleh menghujat, benci, kesal, dengan pemain yang satu ini. Tapi tak ada yang meragukan arti penting Cantona buat United. The King datang ke Old Trafford dari Leeds United tahun 93 dan langsung menggondol gelar Premier League. Meski lebih dikenal dengan perangai buruk, namun tak kurang empat gelar EPL ia beri buat Setan Merah.

1.  Thierry Henry
Pemain Perancis ini mengukir sejarah sebagai Top Skorer Arsenal sepanjang masa dengan 226 gol. Ia sekaligus jadi pemain asing tersubur di tanah Inggris dan hampir setiap musim keluar sebagai top skorer. Bersama Wenger, ayah Tea Henry ini sering dianggap sebagai aktor utama kebangkitan The Gunners di Inggris.

Siswa SMP Dibacok dan Dibegal Saat Pulang Sekolah Sendirian
Syahrul Yasin Limpo (SYL), Jalani Sidang Perdana

Eks Sespri Sekjen Ungkap BAP KPK Bocor ke Pejabat Kementan

Mantan Sespri Sekretaris Jenderal Kementerian Pertanian (Kementan), Merdian Tri Hadi mengatakan bahwa berkas berita acara pemeriksaan (BAP) milik KPK terkait kasus dugaan

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024