Kapan Saatnya Beli Produk Reksa Dana?

Rubrik Konsultasi Wealth Management diasuh oleh sejumlah konsultan seperti konsultan dari Certified Wealth Managers Association (CWMA) dan Asosiasi Pengelola Reksa Dana Indonesia (APRDI). Pembaca dapat mengirimkan pertanyaan atau berkonsultasi seputar masalah  wealth management dan reksa dana.  Pertanyaan dapat dikirim lewat email: redaksi@kanalone.com, surat dialamatkan ke redaksi Vivanews.com di Menara Standard Chartered Lt. 31, Jl. Prof. Dr. Satrio No. 164, Casablanca, Jakarta atau Fax. 62-21 25532563.

Kementerian Perdagangan dan Penegak Hukum Diminta Lebih Tegas Tangani Peredaran Oli Palsu

------------------------------------------------------

TANYA:

Pak Wisnuaji yang baik,

Dengan situasi bursa saham yang terpuruk, sebagai calon investor reksa dana, bagaimana sebaiknya saya menyikapinya? Kapan saya bisa mulai membeli produk reksa dana? Jenis reksa dana apa yang paling tepat?

Waktu Idel untuk Kencing Setiap Hari, Laki-laki Harus Tahu Agar Prostat Tetap Sehat

Terima kasih
AT Wibowo, BOGOR

JAWAB:

Gus Miftah Curiga Jokowi Pilih Bahlil Lahadalia Jadi Menteri Karena Lucu, Bukan Prestasi

Dalam kondisi seperti ini memang situasinya sangat mengkhawatirkan kalau kita melihat jangka pendek. Tetapi, kalau kita memiliki tujuan investasi jangka panjang, ini justru kesempatan yang mungkin tidak bisa terulang kembali. Apalagi, kita melakukan investasi dengan cara cost averaging atau rata-rata pengeluaran setiap bulannya. Lihat saja, setiap saat hampir seluruh harga saham terkoreksi.

Sekarang, situasinya sangat baik untuk membeli reksa dana saham karena harga saham sedang murah. Yang perlu diingat dalam kita melakukan investasi baik secara langsung maupun cost averaging adalah tidak mengubah tujuan investasi yang akan kita capai.

Yang tak kalah penting adalah jangan terpengaruh terhadap risiko yang akan atau sudah kita ketahui sebelum melakukan investasi di reksa dana. Khususnya, reksa dana yang berbasis saham karena sangat fluktuatif untuk jangka pendek. Jadi, sebaiknya investasi jangka panjang atau di atas lima tahun serta disesuaikan dengan kebutuhan yang ingin dicapai.


Salam'
Wisnuaji

Anggota APRDI

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya