Persipura Cukur Persija Setengah Lusin

VIVAnews - Persipura Jayapura berpesta di hadapan publiknya sendiri. Pada lanjutan Liga Super Indonesia (LSI) 2008 yang dihelat di Stadion Mandala Jayapura, tim berjuluk Mutiara Hitam itu berhasil membungkam Persija Jakarta enam gol tanpa balas.

Striker Persipura, Boaz Solossa menjadi pembuka kemenangan Persipura lewat golnya di menit 4 sebelum akhirnya mencetak hattrick lewat dua gol lainnya, pada menit 50 dan 56.

Striker asing Persipura, Alberto Goncalves tak mau ketinggalan. Dia menyumbang dua gol, yakni menit 30 dan 42. Sedangkan Edward Ivakdalam melengkapi pesta Persipura lewat gol yang dicetaknya pada menit 6.

Menurut Pelatih Persipura Jayapura, Jacksen F. Tiago, timnya memang tampil luar biasa pada pertandingan tadi. Namun, mantan pelatih Persitara Jakarta Utara itu tak menduga timnya bisa menang setengah lusin dari tim sekelas Persija.

”Kami tidak menduga bisa menang dengan skor sebesar ini. Bagi saya, ini merupakan sebuah mukjizat,” kata Jacksen saat dihubungi VIVAnews usai pertandingan.

Ditambahkan Jacksen, Persija sebenarnya turun dengan formasi terbaiknya. Namun, dua gol cepat Persipura di babak pertama membuat mental pemain-pemain Persija ngedrop. Apalagi, penyerang-penyerang tim kebanggaan The Jakmania itu tak berhasil menembus ketatnya pertahanan Persipura. 

Sebaliknya, Persipura yang tampil di hadapan ribuan pendukungnya tampil semakin kesetanan. Boaz Solossa dkk berhasil memanfaatkan kelemahan barisan belakang Macan Kemayoran dan mencetak gol demi gol.

”Akibatnya, pemain-pemain Persija semakin frustasi dan lengah untuk bertahan. Anak-anak dengan jeli memanfaatkan kelemahan itu,” tutur Jacksen.

Berkat kemenangan ini, Persipura semakin kokoh di puncak klasemen. Juara Liga Indonesia 2005 itu mengoleksi total nilai 30 dari 14 kali pertandingan. Sedangkan Persija tetap berada di peringkat kelima dengan total nilai 23 dari 12 kali laga.


Hasil Pertandingan
Kamis, 9 Oktober 2008
Persipura Jayapura vs Persija Jakarta 6-0
Persiba vs Persib 0-0
Persiwa Wamena vs Persela Lamongan 2-0
Pelita Jaya vs Sriwijaya FC 2-1
PSIS Semarang vs PSMS Medan 1-1
Persijap Jepara VS PSM Makassar 3-1
PKT Bontang vs Persitara Jakarta Utara 3-2

5 Negara yang Pasok Senjata Terbesar ke Israel untuk Lawan Iran, AS Jadi yang Terbesar
Kiper Timnas Indonesia U-23 Ernando Ari

Pengakuan Jujur Shin Tae-yong Usai Ernado Ari Gagalkan Penalti Australia

Pelatih Timnas Indonesia U-23, Shin Tae-yong buka suara terkait penalti pada laga melawan Australia yang berhasil digagalkan Ernando Ari.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024