Kejagung Akan Periksa Jaksa BLBI

VIVAnews- Kejaksaan Agung (Kejagung) akan memfokuskan pemeriksaan aliran dana Bank Indonesia (BI) ke Kejagung pada jaksa yang mengusut kasus Soedrajad Djiwandono.

Kemenkominfo Mengadakan Kegiatan Talkshow "Promosi Budaya Indonesia Lewat Konten Digital"

Jaksa Muda Pengawasan Darmono mengatakan ada lima jaksa yang menangani kasus dugaan korupsi Bantuan Likuiditas Bank Indonesia (BLBI) dengan tersangka mantan Gubernur BI, Soedrajad Djiwandono. Namun, Darmono enggan menyebutkan nama kelima jaksa yang mengusut Soedrajad tersebut.  "Kita akan koordinasi dengan Jampidsus terlebih dahulu terkait sejauh mana penanganan kasus ini," ujar Darmono kepada wartawan di Kejagung, Rabu 8 Oktober 2008.

Selain itu, sambung Darmono, staf pengawasan akan memeriksa kebenaran adanya dana yang mengalir ke kejaksaan dalam pengusutan kasus BLBI itu. Sebab, menurut Darmono, pemberitaan di media masa masih sumir. "Belum menunjuk orang tertentu. Oey Hoey Tiong tidak bisa menjelaskan secara pasti siapa yang menyerahkan dana tersebut dan kepada siapa," kilahnya.

Oleh karena itu, lanjut dia, ada kemungkinan pihaknya untuk memanggil terdakwa kasus aliran dana BI, Oey Hoey Tiong dan Antony Zeidra Abidin. "Ya, semestinya. Kan sumber beritanya dari dia," kata Darmono. Oey, kata dia, harus menjelaskan mengenai aliran dana BI itu dari siapa, kepada siapa, dan oleh siapa.

Darmono mengatakan ada jaksa yang menangani kasus BLBI sudah pensiun. Meski demikian, sambungnya, tidak menutup kemungkinan jaksa itu dimintai keterangan. "Jaksa pensiun akan diupayakan. Sejauh mana upaya tersebut tergantung kegigihan kita dan kesadaran hukum yg bersangkutan,"tukasnya.

Dalam sidang di Pengadilan Khusus Tindak Pidana Korupsi (Tipikor), Selasa 7 Oktober 2008, Antony Zeidra bersaksi bahwa ada aliran dana BI ke sejumlah oknum jaksa di Kejagung. Mantan Anggota Komisi IX DPR itu mengaku memiliki rekaman dirinya dengan Oey saat menjabat sebagai Direktur Hukum BI. Rekaman itu berisi pembicaraan anggaran untuk mengurusi masalah hukum mantan Gubernur BI, Sudrajad Djiwandono dan mantan anggota Dewan Gubernur BI, Iwan Prawiranata.

Jeam Kelly Sroyer Dikeplak Shin Tae-yong

Viral Jeam Kelly Sroyer Dikeplak Shin Tae-yong, Ternyata Gegara Ini

Momen Pemain Timnas Indonesia U-23, Jeam Kelly Sroyer dikeplak Shin Tae-yong (STY) viral di medsos Jumat, 19 April 2024. Momen tersebut terekam saat menghadapi Australia.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024