Kata Terpopuler di Jerman, "Krisis Keuangan"

VIVAnews - Masyarakat Bahasa Jerman (GfdS) menobatkan kata "finanzkrise," yang berarti "krisis keuangan,"  sebagai kata terpopuler 2008. Ini menandakan bahwa krisis keuangan global sangat berpengaruh bagi pemilihan kata terpopuler tahun ini. Buktinya, kata "verzockt" atau 'boros' menempati posisi kedua dan Rettungsschirm atau 'bailout' menduduki peringkat kedelapan.

Media internet Jerman, The Local, Kamis 11 Desember 2008, mengungkapkan bahwa posisi ketiga direbut oleh kata Datenklau atau 'pencurian data.' Mungki karena ketakutan yang mungkin dirasakan warga Jerman setelah informasi pribadi jutaan pelanggan telepon dapat diperjualbelikan akibat bocornya sistem di perusahaan telekomunikasi Deutsche Telekom.

Kata hessische Verhaltnisse atau "kondisi Hessian" meraih peringkat keempat. Istilah ini mengacu pada situasi politik di Jerman yang terlantar sejak pemilihan umum Januari lalu. Saat itu, partai berkuasa, Demokrat Kristen yang konservatif dan Partai Demokrat Sosial tidak mampu menyatukan sikap. Parlemen Jerman kemudian dibubarkan November lalu supaya bisa membuka jalan untuk melakukan pemungutan suara.

Peringkat kelima diraih kata umweltzone atau 'zona lingkungan' setelah muncul aturan baru di berbagai kota di Jerman. Peraturan tersebut menetapkan bahwa warga hanya boleh mengendarai kendaraan beremisi rendah- dibuktikan dengan sertifikat.

Istilah multipolare Welt atau 'dunia berkutub banyak" berada di posisi enam karena kata itu mendominasi berbagai diskusi tentang globalisasi dan keseimbangan kekuatan dunia. Tempat ketujuh diduduki kata Nacktscanner atau 'scanner telanjang'. Istilah ini mengacu pada scanner kontroversial yang bisa "menelanjangi" orang.

Pihak keamanan bandara di Jerman dan negara anggota Uni Eropa sedang mempertimbangkan untuk memanfaatkan scanner macam ini demi meningkatkan keamanan di bandara. Setelah istilah Rettungsschirm atau 'bailout' di peringkat kedelapan, maka posisi kesembilan ditempati kata Bildungsfruhling atau 'musim semi pendidikan'. Kata ini mengacu pada harapan warga terhadap pemerintah Jerman untuk meningkatkan program pendidikan.

Posisi terakhir atau kesepuluh ternyata ditempati kata "Yes, we can!", istilah dari kampanye presiden terpilih Amerika Serikat, Barack Obama. Ketika Cem Ozdemir menjadi keturunan Turki pertama yang akan mengetuai partai politik besar di Jerman - setelah terpilih menjadi ketua-bersama partai berorientasi lingkungan, "Green" pada November lalu - banyak media menggunakan frase "Yes, we Cem!"

Terungkap! Sosok di Balik Gambar Legendaris Kaleng Khong Guan
Istimewa

Bus Rosalia Indah Kecelakaan Tunggal di Tol, 7 Penumpang Tewas

Sebuah Bus PO Rosalia Indah mengalami kecelakaan tunggal di Jalan Tol Km 370 A Tol Batang-Semarang Jawa Tengah pada Kamis 11 April 2024.

img_title
VIVA.co.id
11 April 2024