Bali Democracy Forum

Australia Bantu US$ 3 Juta

VIVAnews - Dukungan penyelenggaraan Bali Democracy Forum(BDF) datang dari Pemerintah Australia melalui Perdana Menteri Kevin Ruud, yang menjanjikan bantuan sebesar US$ 3 juta untuk mendukung BDF dan Institute for Peace and Democracy.

Hal itu disampaikan Presiden Susilo Bambang di Grand Hyatt, Nusa Dua, Rabu, 10 Desember 2008. "BDF adalah inisiatif pertama yang bagus dari Indonesia yang sebagai negara demokrasi baru. Forum ini juga ingin meningkatkan demokrasi di kawasan Asia," kata Yudhoyono.

Presiden mengatakan, PM Australia, Ruud banyak menyoroti peran Asia yang cukup penting dengan populasi terbesar di Dunia, dimana perkembangan Indonesia begitu pesat dalam mengembangkan demokrasi, dan menyambut baik bantuan dan kerjasama untuk mengembangkan Institute for Peace and Democracy di Bali.

Menurut Yudhoyono, Indonesia juga sudah disiapkan dana cadangan sebesar US$ 5 miliar dari berbagai negara untuk menangani krisis global apabila dibutuhkan.

Jangan Asal Pilih Lensa Kontak, Bisa Sebabkan 5 Masalah Serius Ini

"Pemerintah memang memutuskan pola yang berbeda dengan situasi sebelumnya seperti hubungan langsung dengan IMF, tetapi lebih mengembangkan kerjasama dengan world bank, ADB, dan negara sahabat seperti Jepang dan Australia," jelas Yudhoyono.

BDF berlangsung dua hari mulai hari ini dan akan berakhir besok, Kamis, 11 Desember 2008. Forum yang baru pertama kali di Asia ini mengangkat tema 'Building and Consolidating Democracy : A Strategic Agenda for Asia'.

Forum ini diikuti 32 negara Asia yang dihadiri empat kepala negara dan pemerintahan yakni Presiden Republik Indonesia, Susilo Bambang Yudhoyono, Sultan Hassanal Bolkiah dari Brunei Darussalam, Perdana Menteri Australia Kevin Ruud, dan Perdana Menteri Timor Leste Xanana Gusmao.

Laporan: Wima Saraswati/Bali.

PKS sambangi PKB malam ini

Usai Nasdem, Presiden PKS Ahmad Syaikhu Sambangi Cak Imin di Markas PKB

Elite Partai Keadilan Sejahtera (PKS) tiba di kantor DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) pada Kamis 25 April 2024 malam

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024