Empuknya Sate Domba Afrika

VIVAnews - Sajian sate domba Afrika semakin digemari petualang kuliner di Jakarta. Selain karena daging dombanya yang dipercaya mampu menambah stamina dan gairah seksual, menu sate khas Mali, negara jajahan Prancis di Afrika Barat ini juga unik karena dihidangkan tanpa tusukan seperti sate pada umumnya. Makanan penyandingnya pun pisang goreng. Perpaduan yang tidak umum di Indonesia ini membuat banyak orang penasaran.

Kini, warung yang menawarkan menu sate domba Afrika semakin banyak bertebaran di Jakarta. Salah satunya adalah kedai Sate Domba Afrika di jalan Casablanca, Jakarta Selatan. Kedai yang baru tiga bulan berdiri ini sudah memiliki banyak penggemar berkat promosi dari mulut ke mulut.

Jika ingin menikmati sate domba Afrika, Anda harus tahu jadwal dihidangkan atau memesan terlebih dahulu melalui telepon supaya tidak kehabisan. Kalau tidak, Anda harus rela menunggu lama saat daging domba dipanggang.

Pemilik kedai, Afuy, mengatakan, proses mempersiapkan hidangan sate domba memakan waktu hampir tiga jam. Waktu yang sangat panjang tersebut diperlukan untuk mendapatkan daging domba yang benar-benar empuk dan hasil bakaran yang sempurna.

“Daging harus dibakar setidaknya empat puluh lima menit, lalu dikukus sampai satu jam,” ujar Afuy.

Rahasia kelezatan sate domba terletak pada proses pemanggangan. Potongan besar daging domba dibagi menjadi potongan kecil sebanyak dua puluh empat bagian. Kemudian potongan demi potongan daging itu dibakar di atas pemanggang. Pantang membiarkan daging tergeletak di atas bara lebih dari lima detik. Daging harus segera dibalik hingga mengeluarkan minyak hasil produksi lemak daging.

Sesekali arang yang mulai mengeluarkan api liar yang menjilat-jilat daging disiram air, supaya pemanggangannya rata dan daging tidak hangus. Proses membolak-balik terus berlangsung selama empat puluh lima menit hingga daging yang awalnya berwarna kemerahan berangsur kecoklatan.

Kilauan lemak yang melumuri daging sudah menggoda nafsu makan. Tapi daging ini belum bisa disantap karena masih harus diolah.

Proses berikutnya yang tidak kalah penting adalah ungkep. Daging yang sudah dipanggang hingga 80 persen matang dimasukkan ke dalam panci silinder tinggi, tanpa diisi air atau dicampur bumbu apapun, kemudian diletakkan di atas bara api. Proses ini bertujuan untuk menurunkan kandungan lemak di daging.

Selain proses ungkep, ada cara lain menetralkan lemak domba. Rahasianya adalah bawang bombay. Oleh karena itu masakan ini dihidangkan bersama irisan bawang bombay.

Setelah diungkep selama satu jam, daging domba siap dihidangkan. Untuk menghidangkannya pun ada atraksi seru. Daging yang sudah dipotong kecil tersebut dimasukan ke dalam panci, lalu ditambahkan bumbu kari, garam, dan bawang bombay. Kemudian daging dalam panci yang sudah diberi bumbu tersebut diputar-putar ke udara layaknya bartender mencampur minuman. Proses itu bertujuan agar bumbu tercampur rata dengan daging.

Panci kemudian diletakkan kembali di atas pemanggang. Dipanaskan sambil kembali diputar-putar di udara selama lima menit agar bumbu meresap ke daging. Setelah bumbu cukup meresap daging diletakkan di piring dan ditambahkan irisan bawang bombay mentah. Hidangan sate domba Afrika disandingkan dengan cocolan kecap, mustard, dan sambal lampung. Bisa juga dengan lumeran mayonaise di atasnya. Tergantung selera Anda!

Di negeri asalnya, sate domba ini memang dihidangkan dengan pisang goreng yang hanya dibubuhi sedikit garam. Tapi jika lidah Melayu Anda merasa aneh dengan perpaduan itu, Anda bisa memesan nasi putih.

Penantian yang panjang membuat acara makan sate domba terasa lebih sakral. Tingkat pembakaran yang sempurna menghasilkan kelembutan daging yang berbeda. Sangat lembut, tapi tidak kehilangan teksturnya. Dan aroma daging domba tidak setajam daging kambing. Hmm, sedap!

Selain sate, ada juga sup domba. Daging domba untuk sup dimasak dengan panci presto agar empuk sempurna. Menu lainnya adalah jeroan domba yang terdiri dari hati, ginjal, dan jantung.

Kedai Sate Domba Afrika memiliki cabang lain, yaitu di Jalan Gajah Mada Raya dan Jalan Pangeran Jayakarta no 99. Kalau ingin menikmati kelezatan sate domba di rumah, kedai ini menyediakan pesan antar dengan minimal pemesanan dua porsi.

Selamat menjelajah sensasi rasa sate domba Afrika!


Sate Domba Afrika
Alamat            :  Jl. Casablanca No 248 Jakarta Selatan
Telepon           :  085284672183/085285500868
Buka               :  Pukul 10.00 WIB-24.00 WIB
Menu spesial    :  Sate domba Rp 35000
Harga              :  Rp 15000 - Rp 35000

Legeenda Timnas Indonesia dari Piala Dunia hingga Juara SEA Games Rayakan HUT PSSI
VIVA Militer: Prajurit TNI di basis OPM Paro

Basis OPM Paro Nduga Lumpuh Digempur TNI, 2 Anak Buah Egianus Kogoya Tertembak

Mereka terluka dari melarikan diri.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024