Polandia Bebas dari Sanksi FIFA

VIVAnews – Otoritas sepakbola tertinggi dunia, FIFA, membatalkan semua ancaman sanksi untuk Polandia setelah tercapai kesepakatan Senin, 6 Oktober 2008 malam.

“Kami telah menerima surat dan dokumen berisi kesepakatan antara organisasi sepakbola dengan Pemerintah Polandia,” jelas Presiden FIFA, Sepp Blater, di Brussels seperti dilansir Reuters. “Bila kesepakatan ini terwujud maka kami (FIFA) tak akan menjatuhkan sanksi.”

Konflik antara FIFA dengan Polandia bermula ketika Pemerintah Polandia membekukan organisasi sepakbola negaranya (PZPN). Mereka mengganti ketua organisasi yang harusnya independen itu dengan administrator yang ditunjuk Pemerintah.

FIFA mengancam bila tindakan itu tak dihentikan, maka Polandia didiskualifikasi dari semua ajang sepakbola. Termasuk pembatalan menjadi tuan rumah Euro 2012 bersama Ukraina.

FIFA memberi tenggat waktu pada Polandia untuk membereskan masalah internal negaranya hingga Senin, 6 Oktober 2008. Sebagai penengah antara PZPN dan Pemerintah adalah Presiden Polandia, Lech Kaczynski.

Kesepakatan terjadi pada waktu yang telah ditentukan hingga semua ancaman sanksi dibatalkan FIFA. Meski begitu, FIFA masih bertindak sebagai pengawas terwujudnya kesepakatan kedua pihak.

“Tak ada ancaman mencabut hak mereka sebagai tuan rumah Euro 2012. Tapi, masalahnya mungkin hanya penyalahgunaan kepercayaan. Kami perlu terus mengawasi mereka agar menaati kesepakatan yang ada,” jelas penasehat Presiden UEFA, William Gaillard. 

Dalam kesepakatan, FIFA mengharuskan adanya komite pemilihan independen yang bertugas mengawasi jalannya pemilihan ketua PZPN yang baru. Komite ini terdiri atas perwakilan Pemerintah, FIFA, dan UEFA.

Sementara ini, posisi tertinggi di PZPN masih diisi Menteri Olahraga, Miroslaw Drzewiecki. Rencananya, Jumat ini ia akan dibebastugaskan dari jabatan ketua. Hasil selanjutnya akan dibawa ke sidang FIFA Executive Committee pada 23-24 Oktober mendatang.

Otto Hasibuan: Rakyat Dituduh Pilih Prabowo-Gibran karena Bansos, Ini Sangat Menyakitkan!
Sandra Dewi

Sandra Dewi Ogah Bahas Kekayaan Suami, Tahu Harvey Moeis Korupsi?

Citra Sandra Dewi langsung hancur setelah suami Harvey Moeis ditetapkan sebagai tersangka kasus korupsi dalam tata niaga komoditas timah wilayah Izin Usaha Pertambangan.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024