Tahun 2009

Pemerintah Amankan Empat Komoditas Pangan

VIVAnews - Pemerintah akan mengamankan ketersediaan empat komoditas bahan pangan pada 2009. Keempat komoditas tersebut adalah beras, minyak goreng, jagung dan gula.

Deputi Menko Perekonomian Bidang Pertanian dan Kelautan Bayu Krisnamurthi mengatakan, pemerintah tengah merumuskan kebijakan dalam bentuk Instruksi Presiden (Inpres) untuk mendiversifikasi pangan.

"Kita ingin menjaga konsumsi per kapita," ujar Bayu seusai mengikuti rapat koordinasi dengan Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menneg BUMN Sofyan Djalil, dan Menteri Perdagangan  Mari Elka Pangestu di Departemen Keuangan, Selasa 9 Desember 2008.

Nantinya, kata Bayu, pemerintah akan membuat Harga Pembelian Pemerintah (HPP) baru khusus untuk beras. Untuk gula, Pemerintah akan mendorong industri dalam negeri dengan revitalisasi pabrik gula. Sementara produk minyak goreng dibahas perlindungannya dengan diterapkannya PPN DTP (pajak ditanggung pemerintah) dan menjaga ketersediaan stok untuk produk jagung.

Selain itu Bayu menyebut, pemerintah juga tengah membahas adanya cadangan pangan siap santap dalam keadaan darurat. Cadangan ini diperlukan untuk antisipasi ketika ada bencana.

"Namun ini produk non beras. Dimaksudkan supaya ketika ada bencana pemerintah bisa langsung mendistribusikan dengan cepat ke korban," ujarnya.

Produk siap santap ini dicontohkan jenis ransum yang dimiliki oleh TNI/Polri. "Jumlahnya akan dialokasikan tahun depan, mungkin 10 ribu ton," katanya. Catatan penting dari usulan ini adalah, semua komponen siap saji arus berasal dari bahan baku lokal.

Terkuak, Toko Frame Mampang yang Alami Kebakaran Maut Tidak Punya Pintu Darurat
VIVA Militer: Serah terima jabatan Panglima Divisi Infanteri 2 Kostrad

Melesat Jadi Pangdam, Mayjen TNI Haryanto Serahkan Jabatan Panglima Divif 2 Kostrad ke Sohibnya

Mereka sama-sama abituren Akademi Militer 1991.

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024