Divisi Merugi

Fujitsu Siap Lepas Bisnis Harddisk

Fujitsu Ltd., produsen elektronik asal Jepang sedang dalam tahap negosiasi dengan Western Digital Corp. untuk penjualan divisi harddisk Fujitsu yang terus merugi. Seorang juru bicara Fujitsu, seperti berita yang dilansir Reuters menyatakan bahwa nilai transaksi diperkirakan mencapai USD 945 juta.

Suara Golkar di Pemilu 2024 Naik Signifikan, Airlangga: Hitungan Kami Dapat 102 Kursi

Berkompetisi di bidang harddisk yang sekitar 60 persennya dikuasai oleh Seagate Technology dan Western Digital dirasa sulit oleh Fujitsu dan juga produsen harddisk lainnya yang memiliki pangsa pasar terbatas. Menurut laporan keuangan terakhir, sampai Maret 2008 divisi harddisk Fujitsu mencatat kerugian hinggal USD 47,29 miliar.

"Itu adalah berita yang positif," ucap Tomomi Yamashita, seorang manajer investasi dari Shinkin Asset Management. "Investor berharap Fujitsu bisa melepaskan bisnis tersebut, karena sulit untuk menghasilkan keuntungan dari produk yang sudah menjadi komoditas," tambahnya. Terbukti, setelah berita negosiasi tersebut beredar, harga saham Fujitsu naik 4.7 persen.

Viral Anak Selebgram Malang Dianiaya Pengasuhnya, Polisi Langsung Tangkap Pelaku

Sebelum ini, di tahun 2001, Fujitsu juga terpaksa hengkang dari bisnis harddisk untuk PC desktop akibat tingginya biaya produksi sementara harga harddisk yang terus menurun. Saat itu mereka menjual fasilitas produksi mereka di Thailand ke Western Digital dan lebih fokus ke produksi harddisk untuk notebook dan server.

Jika terealisasi, pembelian ini semakin merampingkan kompetisi di bidang harddisk. Seperti diketahui, tahun 2005 lalu Seagate mengakuisisi Maxtor. Hitachi juga sudah membeli divisi harddisk milik IBM tahun 2002. Jauh sebelumnya, tahun 1996, Conner Peripherals milik Finis Conner, salah satu pendiri Seagate Technology juga diambil alih oleh Seagate.

Gunung Marapi Kembali Erupsi, Terjadi Hujan Abu Vulkanik dan Ganggu Penerbangan

Menurut data yang dikompilasikan dari Hitachi Ltd (produsen harddisk ke-3 terbesar) dan Toshiba Corp. (produsen spesialis harddisk 1,8 inci untuk perangkat mobile), deal tersebut akan memperbesar market share Western Digital. Terutama di segmen harddisk 2,5 inci yang umum digunakan pada notebook. Nantinya pangsa pasar Western Digital di segmen tersebut akan naik ke angka 25 sampai 30 persen. Melampaui market share Seagate yang sekitar 20 persen.

Fujitsu sendiri, yang tengah bersaing dengan IBM Corp. dan Electronic Data Systems Corp. di bidang IT services akan lebih fokus dan memberikan perhatian ke divisi konsultasi IT mereka.

Anak selebgram Aghnia Punjabi dianiaya

Anak Selebgram Aghnia Punjabi Diduga Dianiaya Pengasuh, Badan Diduduki hingga Kepala Dibanting

Anak selebgram Aghnia Punjabi diduga dianiaya pengasuh. Wajah anaknya babak belur. Mata kiri lebam, bekas luka di daun telinga, dan bibir juga terluka.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024