80 Pemudik Tertipu Karena Janji Mudik Murah

VIVAnews - 80 pemudik gagal mudik. Uang mereka justru melayang karena tergiur iming-iming program mudik murah.

Mereka dijanjikan dapat mudik dengan menggunakan mobil Totoya Avanza, Suzuki APV dan Toyota Innova. Namun apa lacur, mereka kehilangan uang jutaan rupiah untuk membayar DP penyewaan mobil untuk pulang kampung.

Pelaku penipuan bernama Agus, dengan berkedok mendirikan PT PMN dan CV Dinamika Mentari Cemerlang (DMC) yang berkantor di Jalan Minangkabau, Manggarai, Jakarta Selatan.

PT PMN dan CV DMC merupakan kantor penyedia program mudik murah dengan persyaratan fotocopy KTP dan KK bagi setiap orang yang menyewa mobil untuk mudik. Biaya penyewaan mobil untuk 7 hari sebesar Rp 2,3 juta dan 3 juta untuk 10 hari.

Para korban diwajibkan untuk membayar DP sebesar 50 persen untuk ikut program mudik murah. Saat para warga sudah membayar dan jatuh tempo pada hari ini, ternyata kantor tersebut sudah tutup.

Berdasarkan pengakuan salah satu korban, Zaldi (45) warga Petukangan Selatan, mengetahui program mudik murah ini lewat iklan yang dimuat di Koran Tempo, Poskota, dan Wartakota.

"Setelah lihat iklan tersebut, saya tergiur untuk mengikuti program mudik murah itu, apalagi mobil yang disewakan jenisnya cukup bagus, seperti Avanza, Innova dan APV," katanya kepada wartawan di Polsek Setiabudi Jakarta Selatan, Jumat 26 September 2008.

"Saya sudah bayar DP Rp 5 juta pesan untuk 4 mobil dalam jangka waktu 20 hari, tapi saat sudah jatuh tempo saat ini, saat saya hubungi Agus, handphonenya tidak aktif," ungkapnya.

Kemudian Zaldi langsung mendatangi kantor milik Agus, setiba di sana ternyata kantor itu sudah tutup dan Agus sudah kabur. Selain Zaldi para korban lainnya juga mendatangi kantor tersebut untuk menuntut pertanggung jawaban. Di kantor tersebut hanya ada seorang sekretaris karyawan yang bernama Nita 33 tahun.

Ternyata Nita juga tidak mengetahui jika bosnya melakukan penipuan. Dia kaget. Saat ini Nita sedang menjalani pemeriksaan di Polsek Setiabudi, dengan bukti kuitansi dan bukti pembayaran para korban.

KPU Jamin Netralitas Pemilu, Sudah Diawasi Presiden dan DPR
Muamalat Tower / Bank Muamalat Pusat

Bank Muamalat Cetak Laba Rp 14,1 Miliar pada 2023, Aset Tumbuh 9 Persen

PT Bank Muamalat Indonesia Tbk mencatatkan laba sebelum pajak sebesar Rp 14,1 miliar, pada tahun 2023.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024