Berburu Capocannonieri

VIVAnews - Perhelatan Serie A memang belum setengah jalan. Namun prediksi siapa striker paling tajam Serie A telah mengerucut pada beberapa nama.

Gelar Capocannonieri atau topskorer Serie A memang menjadi penghargaan tertinggi bagi seorang striker. Tak heran nama-nama besar macam Christian Vieri, Filippo Inzaghi, Gabriel Batistuta, Ronaldo, dan Oliver Bierhoff pernah mencatatkan diri sebagai striker menakutkan di Italia.

Seperti yang dilansir Goal, Rabu, 26 November 2008, dalam sejarah top skorer Serie A, pemegang rekor gol terbanyak dengan 35 gol masih menjadi milik tiga nama. Ferenc Hirzer (Juventus/1925-1926), Julio Libonatti (Torino/1927-1928), dan Gunnar Nordahl (AC Milan/1949-1950).

Musim lalu, Alessandro Del Piero mampu membuktikan dirinya belum habis. Penyerang Juventus itu mencatatkan diri sebagai capocannonieri dengan torehan 21 gol.

Dan musim ini, persaingan menjadi striker paling tajam akan kembali menjadi rebutan. Meski masih terlalu dini untuk memilih, namun ada lima Attacante yang pantas menjadi kandidat terkuat.

1. Diego Milito (Genoa)

Striker Argentina ini memang telah membuktikan sebagai striker tajam di Italia. Nama Milito telah dikenal sejak memperkuat Genoa di Serie B. Ketajamannya di Genoa membuat Real Zaragoza memboyongnya. Kini Milito kembali ke Genoa. Dan striker 29 tahun itu memimpin daftar topskorer Serie A musim ini dengan 11 gol. Milito juga sedikit diuntungkan dengan statusnya yang tak tergantikan di Genoa. Kakak Gabriel Milito ini selalu menjadi target man dan andalan melesakkan gol bagi Genoa. Namun yang jadi masalah bagi Milito adalah seberapa besar kemampuan rekan-rekan setimnya.

2. Alberto Gilardino (Fiorentina)

Gilardino memang gagal di AC Milan. Namun mantan striker Parma itu mampu membuktikan kapasitasnya di Fiorentina. Kini Gilardino telah mencatat sembilan gol. Gila bahkan sedikit diuntungkan dengan kualitas pemain yang dimiliki La Viola. Gila juga mampu menggantikan peran Luca Toni yang juga pernah mencatat sebagai striker tertajam  pada musim 2005-2006 lalu dengan 31 gol. Gila akan menjadi ancaman Milito.

3. Zlatan Ibrahimovic (Internazionale Milan)

Tak ada yang menyangsikan jika Zlatan Ibrhimovic menjadi striker paling bersinar di Italia. Striker jangkung asal Swedia itu menjadi pemain kunci Jose Mourinho. Namun Ibra bukan tanpa halangan. Selain perannya yang tidak lagi menjadi striker murni, penampilan Ibra juga masih naik turun. Ibra terkadang mampu membuat gol spektakuler, namun tak jarang mantan striker Juve itu gagal memanfaatkan peluang yang seharusnya menjadi gol. Hal lain yang akan menjadi kendala Ibra adalah rentan cedera.

4. Mauro Zarate (Lazio)

Inilah fenomena baru Serie A. Berstatus sebagai pemain pinjaman dari klub Qatar, Al-Sadd, Mauro Zarate ternyata mampu membuka mata klub-klub elit Serie A. Bersama Lazio, Zarate selalu menjadi pemain yang menyulitkan pertahanan lawan. Striker Argentina ini juga telah membukukan tujuh gol di Serie A. Namun, Zarate juga bukan pemain yang diwajibkan mencetak gol seorang diri. Ia harus berbagi tempat dengan Goran Pandev dan Tommaso Rocchi di Lazio.

5. Amauri (Juventus)

Kemampuan Amauri sebagai Attacante telah terlihat sejak bermain untuk Palermo. Striker kelahiran Brasil itu mempunyai stamina dan skill di atas rata-rata. Pemain anyar Juventus itu juga telah membuktikan diri dengan kolekis enam golnya hingga saat ini. Dan ambisi Amauri menjadi topskorer akan ditentukan oleh seorang David Trezequet. Pasalnya, pulihnya striker Prancis itu akan menjadi ancaman posisinya di lini depan La Vecchia Signora.

Meski lima pemain di atas menjadi kandidat terkuat, namun perbururuan capocannonieri bisa melahirkan kejutan. Marco Di Viao, Alessandro Del Piero, Fabrizio Miccoli, dan Ronaldinho juga mampu menjadi mesin gol bagi timnya masing-masing.

Polisi Bagi Takjil Gratis Tapi Tak Ada Pengendara Melintas, Netizen: Anda Berkumpul, Kami Putar Arah
Pelek HSR Speedster

Pelek Baru untuk Mobil Kecil Ini Hadir dengan Beragam Warna

al ini memungkinkan para pemilik mobil kecil untuk mengekspresikan gaya dan kepribadian mereka.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024