Politisi PKS Nashir Jamil

"RUU Mahkamah Agung Sah Sebelum Pemilu"

VIVAnews - Nashir Jamil, anggota Panitia Khusus Rancangan Undang-undang (RUU) Mahkamah Agung, RUU Mahkamah Konstitusi, dan RUU Komisi Yudisial, optimistis ketiga RUU bidang kehakiman itu selesai sebelum Pemilu digelar pada April 2009. "Memang belum ada perkembangan berarti tapi itu karena terkendala masa reses anggota dewan," kata anggota Fraksi Partai Keadilan Sejahtera itu saat dihubungi VIVAnews, Kamis, 20 November 2008.

"Sebenarnya sebelum reses, kami menjadwalkan konsinyering (rapat pembahasan), tapi hal tersebut juga batal karena banyak rapat paripurna Dewan," ujar Nashir melanjutkan.

Banyak bagian yang sudah disepakati panitia. "Beberapa hal yang masih perlu diselesaikan dan disinkronisasi seperti usia pensiun hakim. Rencananya usia pensiun hakim baik hakim agung dan hakim konstitusi disamakan. Namun ini belum mengerucut pada satu titik," kata Nashir yang saat dihubungi sedang berada di Aceh. Presiden Susilo Bambang Yudhoyono yang pada awalnya mengusulkan batas usia pensiun 70 tahun juga sudah bersedia menerima usul pensiun 65 tahun. "Jadi bisa saja kembali ke usul Dewan yang semula yakni yang 65 tahun," kata Nashir menjelaskan soal umur pensiun.

Sementara pasal mengenai Majelis Kehormatan Hakim juga belum selesai dibahas. Kemudian soal Mahkamah Konstitusi menangani sengketa pemilihan kepala daerah juga perlu diperbaiki. "Dan perbaikan tetap akan dilakukan secara bersamaan karena ketiga RUU ini memiliki keterkaitan erat satu sama lain di bidang kekuasaan yudikatif."

4 Moscow Terrorists Under the Influence of Drugs
Pertemuan Presiden Jokowi dan jajarannya dengan Bos Freeport McMoran Richard C A

Government Targets on Acquiring 61 Percent Freeport Share

President Joko Widodo (Jokowi) is aiming to complete negotiations on increasing the government's stake in Freeport Indonesia to 61 percent by June 2024.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024