Rupiah Melemah

Pemerintah Jangan Panik

VIVAnews - Pelemahan rupiah ke level 12.000/US$ yang membuat pemerintah dan Bank Indonesia mengeluarkan imbauan agar rumah tangga yang tidak membutuhkan dolar melepasnya ke pasar dinilai pengusaha justru menunjukkan kepanikan.

Dalam imbauan itu rumah tangga boleh-boleh saja memegang dolar sepanjang memang membutuhkan, misalnya untuk kebutuhan anak sekolah. Namun di luar itu mereka diminta tidak ikut-ikutan berburu mata uang  tersebut.

"Imbauan ini kontradiktif, karena dalam kondisi seperti ini semua orang yang punya dolar pasti akan tetap memegangnya. Bahkan yang punya rupiah berlebih pasti akan mencari dolar," beber Ketua Komite Tetap Fiskal dan Moneter Kadin Indonesia Bambang Soesatyo kepada VIVAnews, Kamis 30 November 2008.

Imbauan itu justru diibaratkan peringatan bahwa rupiah akan terus mengalami tekanan, sehingga untuk mengamankan aset, masyarakat dan pengusaha memilih menghimpun dolar yang dianggap paling aman. "Jadi imbauan itu sangat tidak taktis,  menunjukkan pemerintah dan BI panik, tidak percaya diri," ujarnya.

Di pasar uang, dolar AS pada pukul 08.50 WIB merangsek ke posisi Rp 12.250 melemah dibanding posisi Rabu sore. Sementara pukul 11.12 WIB, data Bloomberg menunjukkan dolar di posisi Rp 12.300/US$.

Menurut Bambang ada dua jurus yang bisa dilakukan untuk mengerem kejatuhan rupiah. Pertama, melakukan penjaminan penuh atas dana nasabah di perbankan. Langkah ini diduga bisa mengerem perburuan dolar dari kalangan yang sebetulnya tidak terlalu membutuhkan dolar.

"Kalau kami, pengusaha, selalu melakukan adjusment (penyesuaian). Tapi kan menjelang akhir tahun banyak kebutuhan untuk membayar kewajiban tertentu," katanya.

Langkah kedua yang bisa dilakukan adalah menurunkan suku bunga, sehingga dunia usaha bisa bergerak lagi dan investasi meningkat, sehingga spekulasi pada dolar berkurang.

Heboh Dugaan TPPO, Begini Pengakuan Mahasiswa Unnes saat Ikuti Ferienjob di Jerman
Pemain Chelsea rayakan gol Raheem Sterling

Chelsea Proteksi Raheem Sterling dari Hinaan Fans

Pelatih Chelsea, Mauricio Pochettino coba memproteksi Raheem Sterling. Pemain asal Inggris itu menjadi sasaran ejekan suporter saat tampil di Piala FA lawan Leicester.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024