Bangunan di Waduk Pluit Ditertibkan Bertahap

VIVAnews - Pemprov DKI Jakarta memastikan ribuan bangunan di Waduk Pluit, Penjaringan, Jakarta Utara tidak akan ditertibkan tahun ini. Namun penertiban akan dilakukan secara bertahap mulai akhir tahun ini hingga tahun depan.

"Kita harapkan 550 KK bisa dipindahkan tahun ini, sisanya tahun berikutnya," kata Wagub DKI Jakarta Prijanto di Balaikota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Kamis 25 September 2008.

Penertiban secara terbatas, kata Prijanto dilakukan mengingat kapasitas rumah susun yang dibangun masih sangat sedikit. "Penertiban kita lakukan sesuai dengan kecepatan membangun rusun," tutur Prijanto.

Prijanto menerangkan hanya tersedia 550 unit rumah susun sewa. Perinciannya, rumah susun Muara Angke tersedia 150 unit, dan rumah susun Marunda sebanyak 400 untit. Padahal jumlah KK yang menghuni Waduk Pluit mencapai 8.000 KK.

"Tapi kita akan melihat juga mana lokasi yang perlu ditertibkan terlebih dulu. Khususunya pada yang membahayakan, karena kita tidak mau membahayakan masyarakat. Misalnya lokasinya dekat laut dan pompa air," tutur Prijanto.

Prijanto mengatakan, sebelum penertiban akan dilakukan  sosialisasi. Tim di Kotamadya akan menyebarkan surat kepada sebagian  warga yang terkena penertiban. Sosialisasi khususnya agar masyarakat mau pindah dari Waduk Pluit ke rumah susun.

Pemrov DKI Jakarta telah menyiapkan APBD dianggarkan Rp 5 miliar untuk penertiban. Padahal secara anggaran penertiban bangunan membutuhkan Rp 15 miliar. Penyempitan Waduk Pluit membuat daya tampoung air menjadi berkurang. Dengan rehabilitasi daya tangkapan air akan meningkat mencapai 280 hektar.

Shin Tae-yong Dapat Kabar Baik dari Erick Thohir soal Perpanjangan Kontrak
Persebaya Surabaya Vs Persib

Prediksi Pertandingan Liga 1: Persib Bandung vs Persebaya Surabaya

Duel Persib Bandung vs Persebaya Surabaya dalam lanjutan Liga 1 matchday ke 32 di Stadion Si Jalak Harupat, Sabtu 20 April 2024, pukul 15.00 WIB.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024