The Jakmania Ancam Bawa Massa Lebih Banyak

VIVAnews - Sekitar 150 massa The Jakmania menggelar unjuk rasa di depan kantor DPRD Jakarta di Jalan Kebon Sirih, Selasa, 25 Agustus 2009. Mereka mendesak anggota dewan yang baru dilantik untuk memperhatikan kelangsungan Persija Jakarta.

Nasib Persija kembali terkatung-katung. Hingga dua bulan sebelum kompetisi Liga Super Indonesia (LSI) 2009/2010 bergulir, Macan Kemayoran masih tiarap.

Jangankan untuk menata skuad, jawara Liga Indonesia 2001 itu belum kunjung terbentuk. Pemerintah Kota DKI Jakarta yang dianggap pemilik selama ini ikut campur tangan dalam pembentukan tim juga belum menentukan sikap.

Kondisi ini membuat The Jakmania resah. Pendukung setia Persija itu pun melakukan unjuk rasa di depan kantor DPRD Jakarta. Mereka mendesak anggota dewan untuk memperhatikan Persija sebagai tim kebanggaan warga Jakarta.

"Kompetisi sudah bergulir lagi bulan Oktober. Tapi, sampai saat ini belum ada pergerakan dari Pemkot untuk menunjuk manajemen tim," kata pimpinan aksi The Jakmania, Richard Achmad.

Tak hanya menuntut pemkot untuk bertindak, massa yang identik dengan warna oranye itu juga meminta dewan untuk mengawasi keuangan klub Persija yang selama ini kerap menggunakan uang rakyat alias APBD.

"Kami juga ingin klub transparan dalam mengelola pendanaan. Kami ingin pengeluaran dan pemasukan klub bisa dipertanggungjawabkan," kata Larico Ranggamone, Ketua Harian The Jakmania menambahkan.

Sejak meraih gelar juara 2001 lalu, prestasi Persija terus merosot. Pada LSI 2008/2009, Persija yang awalnya menargetkan double winner justru hanya mampu finis di posisi 7.

Di pentas Copa Indonesia, Macan Kemayoran juga hanya sampai di babak delapan besar. Langkah tim yang berdiri 1928 itu dihentikan oleh klub degradasi Deltras Sidoarjo.

"Sebenarnya deadline yang kami berikan kepada Pemkot sudah lewat. Namun, kami masih menunggu hingga akhir Agustus ini. Kalau tim tidak sampai terbentuk, kami akan kembali demo dengan massa yang lebih besar," tandas Richard.

Selain berorasi, The Jakmania juga dengan kompak menyanyikan lagu-lagu dukungan terhadap Persija. Setelah menyampaikan aspirasinya sejak pukul 15.30 WIB, The Jakmania berbuka puasa bersama di Taman Ismail Marzuki (TIM). Sayangnya, tak satu pun anggota dewan merespon demo ini.

Sopir Taksi Online yang Todong Penumpang Wanita dan Minta Rp100 Juta Jadi Tersangka
Erik Ten Hag

Ten Hag Bawa 3 Pemain Man Utd U-18 ke Tim Senior

Manajer Manchester United, Erik ten Hag telah mencermati tiga pemain tim U-18 yang menampilkan performa menarik pekan ini. Dia membawa para pemain tersebut gabung latihan

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024