Menpora Tawarkan Solusi untuk Timnas U-19

Tim sepak bola Indonesia U-19
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Wahyu Putro

VIVA.co.id – Proses pembentukan timnas Indonesia U-19 sampai sekarang masih belum jelas. Padahal, gelaran Piala AFF U-19 akan digulirkan pada 11 September 2016 mendatang.

Mantan Kapten Timnas Indonesia U-19, Nurhidayat Gabung Klub Filipina

Praktis waktu efektif bagi Indonesia untuk menyiapkan tim hanya satu bulan. Namun, timnas U-19 sampai sekarang belum terbentuk. 

Jangankan membentuk tim. Posisi pelatih kepala timnas U-19 sampai sekarang masih kosong.

Respons PSSI Usai Dokter Gadungan Timnas Indonesia dan Klub Liga 1 Ditangkap

Kondisi ini pun dikomentari oleh Menteri Pemuda dan Olahraga, Imam Nahrawi. Imam mengaku memiliki konsep pembentukan timnas U-19 yang efektif.

Menurutnya, pelatih timnas U-19 nanti bisa mengambil pemain dari program Pusat Pendidikan dan Latihan Mahasiswa (PPLM) serta tim PON dari beberapa provinsi.

Timnas Indonesia U-19 Panggil 34 Pemain Jalani TC Persiapan AFF U-19, Berikut Daftar Lengkapnya!

"Tentunya, kami tidak lelah mengingatkan PSSI untuk segera memanggil pemain demi membentuk timnas U-19 dan senior. Kami sudah punya opsi terkait timnas U-19, jika nantinya PSSI merasa kesulitan," kata Imam di kantornya, Senin 11 Juli 2016.

Meski begitu, Imam tak mau gegabah dalam mengambil tindakan. Dia ingin menunggu sikap PSSI terkait pembentukan timnas U-19.

"Saya harap, lewat komentar saya di media, PSSI bisa segera mengambil tindakan. Andai tak sanggup, pemerintah siap membantu," ujar Imam. 

Indonesia tergabung di Grup B Piala AFF U-19. Pasukan Garuda Muda harus bersaing dengan Thailand, Laos, Myanmar, Australia, dan Kamboja, demi mengamankan satu dari dua tiket lolos ke babak semifinal.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya