Ini Bocah 19 Tahun Pencipta Rekor Barcelona

Gelandang Barcelona, Wilfrid Kaptoum
Sumber :
  • Instagram.com/wilfridkaptoum5

VIVA.co.id - Sejarah tercipta di Mestalla, Rabu, 10 Februari 2016 (Kamis dini hari WIB). Barcelona asuhan Luis Enrique sukses mencatat rekor tak terkalahkan di 29 pertandingan di semua kompetisi.

Skor imbang 1-1 melawan Valencia membuat Barca melangkah ke final Copa del Rey dengan agregat 8-1. Enrique membawa Barca mematahkan rekor 28 laga tak terkalahkan Pep Guardiola di musim 2010-11.

(Baca juga: Ke Final Copa del Rey, Enrique Kangkangi Rekor Guardiola)

Menariknya, pemain yang menciptakan sejarah itu bukanlah trio MSN (Lionel Messi, Neymar, dan Luis Suarez). Adalah pemain muda, Wilfrid Kaptoum yang mencetak gol di menit 84, yang membawa Blaugrana menciptakan rekor.

Kaptoum mencetak gol setelah dua menit sebelumnya masuk sebagai pemain pengganti, menggantikan Sandro Ramirez. Ini menjadi gol perdana Kaptoum bersama tim senior Blaugrana.

Gol tersebut membuat kedudukan berakhir imbang 1-1. Sebelumnya, Valencia sempat unggul lewat gol Alvaro Negredo di menit 39.

Hasil ini langsung disambut gembira Kaptoum. Bocah 19 tahun asal Kamerun ini menuliskannya lewat akun Instagram, @wilfridkaptoum5.

"Sangat senang bisa mencetak gol dengan tim utama! Suatu kehormatan bisa tampil di semifinal Copa bersama pemain-pemain besar. Forca Barca!" tulisnya.

Barcelona Tak Panik Usai Dibantai Liverpool

Selanjutnya: Siapakah Kaptoum?




Siapakah Kaptoum? Bocah 19 tahun ini memulai karier di akademi Barca pada 2008, setelah bermain di yayasan Samuel Eto'o. Saat itu, usianya baru menginjak 12 tahun.

Sempat dipinjamkan ke Sant Andreu, pemain asal Kamerun ini dipromosikan ke tim Barca B pada Juni 2014 dan tampil di Divisi Segunda.

Kaptoum tampil di laga profesional bersama Barca B pada 23 Agustus 2014, saat timnya kalah 0-2 dari Osasuna. Dia mencetak gol perdananya pada 19 Oktober 2014, saat Barca B menang 4-1 atas Alcorcon.

Di musim ini, tepatnya pada 28 Oktober 2015, Kaptoum merasakan debut di tim utama Blaugrana. Saat itu, Barca ditahan tanpa gol oleh Villanovense di leg 1 babak 32 besar Copa del Rey.

Penampilan perdana di Liga Champions tercatat pada 9 Desember 2015, saat Barca bermain imbang 1-1 dengan Bayer Leverkusen. Dan akhirnya, Kaptoum mampu menciptakan sejarah di laga kontra Valencia di Copa del Rey.

Baru dua menit masuk sebagai pemain pengganti, Kaptoum mampu mencetak gol yang membuat kedudukan imbang 1-1. Gol yang berarti penting, karena Blaurgana mematahkan rekor 28 laga tak terkalahkan yang sebelumnya dipegang Pep Guardiola.

Liverpool Gilas Barcelona di Wembley
Striker Barcelona, Lionel Messi

Barcelona Masih Mau Beli Striker Walau Sudah Ada MSN

Tapi, keputusan tersebut tergantung pada penilaian Luis Enrique.

img_title
VIVA.co.id
11 Agustus 2016