Mourinho Vs Pochettino, Mana Lebih Cocok bagi MU?

Jose Mourinho dan Mauricio Pochettino
Sumber :
  • Action Images via Reuters / Andrew Couldridge Livepic
VIVA.co.id
Harry Maguire Belum Pantas Jadi Kapten Manchester United
- Manajer Tottenham Hotspur, Mauricio Pochettino, dikabarkan turut diincar Manchester United, untuk menggantikan Louis van Gaal. Jadi, ada dua nama, yang kini paling kuat dikaitkan dengan Old Trafford, ditambah dengan Jose Mourinho.

5 Pertemuan Terakhir MU Vs Tottenham, Hujan Gol dan Pembantaian

Dilansir dari
Marcus Rashford Gantikan Kylian Mbappe di PSG?
The Sun pada Selasa, 9 Februari 2016, Mourinho pernah melontarkan pujian pada Pochettino pada 2013, saat pelatih asal Argentina itu masih menangani Southampton. Namun, Mourinho tetap melihat dirinya, sebagai pihak yang lebih unggul.

"Dunia penuh dengan Special Ones. Tapi, saya yang pertama!" ujar Mourinho.

Pochettino pindah ke Inggris atas rekomendasi Mourinho, yang menilainya sebagai salah satu pelatih terbaik di dunia.


Pochettino saat ini sukses bersama Tottenham Hotspur, dengan membawa klub London itu naik ke posisi 2 klasemen sementara Premier League. Merujuk pada perolehan trofi, Mourinho jelas jauh lebih unggul dengan 18 trofi sejak 2003.


Pelatih asal Portugal itu sukses memenangkan Liga Champions bersama 2 tim berbeda, FC Porto dan Inter Milan. Sedangkan Pochettino belum memperoleh satu pun trofi sebagai manajer.


Persentase kemenangan terbanyak di Premier League, sejauh ini juga masih berpihak pada Mourinho dengan 66 persen, bahkan yang tertinggi dibandingkan manajer lain di era Premier League. Pochettino hanya 38 persen di Southamtopn, dan kini 52 persen bersama Spurs.


Gaya bermain Mourinho dan Pochettino jauh berbeda. Merujuk permainan Spurs yang terus menekan dan menyerang, Pochettino jelas lebih mewakili citra Manchester United, sebelum ditangani Louis van Gaal tentunya.


Pochettino bahkan jauh lebih unggul dibandingkan Mourinho, karena dengan gaya bermain sangat menyerang, skuadnya tetap bertahan dengan baik. Spurs adalah tim yang paling sedikit kebobolan di Premier League musim ini, dengan 19 gol saja.


Soal bayaran, Pochettino yang dikontrak Spurs hingga Juni 2019, hanya dibayar sekitar £2,2 juta per tahun. Namun, Mourinho memperoleh 5 kali lipat lebih besar di Chelsea, diklaim bersedia menerima gaji lebih kecil di Old Trafford.


Chairman Spurs, Daniel Levy, terkenal sebagai negosiator yang keras, untuk mempertahankan talenta terbaik klub. Dia dipastikan juga bakal berusaha keras, untuk mempertahankan Pochettino.


Tapi, pindahnya Gareth Bale ke Real Madrid, memperlihatkan bahwa semua orang ada harganya. Artinya, Pochettino tetap bisa direbut. Persoalannya adalah MU dikenal sebagai klub yang cukup pelit, dalam hal gaji untuk manajer.


Daniel Levy sadar akan ketertarikan MU pada Pochettino, dan diperkirakan bakal menuntut kompensasi £20 juta. Namun, jika Pochettino bersedia pindah, MU bisa maju ke tribunal dan hanya perlu membayar sekitar £6 juta.


Satu kelebihan utama Pochettino dari Mourinho, adalah pengembangan pemain muda. Bahkan, timnas Inggris, harus berterima kasih padanya. Belasan skuad timnas Inggris saat ini, adalah para pemain binaannya di Southampton dan Spurs.


Ada banyak pemain muda yang telah dibeli MU, seperti Anthony Martial. Sayangnya, tidak banyak yang bisa berkembang di masa Louis van Gaal, misalnya Memphis Depay yang saat ini didepak ke tim cadangan.


Pochettino menjadi figur yang jauh lebih unggul dari Mourinho, jika manajemen MU menginginkan talenta muda yang mereka miliki bisa berkembang dengan baik. (one)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya