Sambut 'Comeback' Persib, Stadion Siliwangi Dibenahi

Sumber :
  • VIVA.co.id/Anry Dhanniary

VIVA.co.id - Lama tak terdengar namanya, terutama sejak ditinggalkan Persib Bandung, pamor Stadion Siliwangi, Kota Bandung mulai naik lagi. Hal itu tak lepas dari rencana panitia penyelenggara laga persahabatan Persib kontra Bali United menggunakan stadion milik Kodam III Siliwangi sebagai tempat pertandingan.

Dalam jangka lebih panjang, Stadion Siliwangi pun bakal jadi salah satu arena tempat pertandingan cabor sepak bola PON XIX/2016, termasuk babak kualifikasi yang rencananya dilaksanakan, Maret mendatang. Untuk menyambut semua agenda pertandingan baik uji coba Persib maupun laga cabor sepak bola PON, stadion ini akan dibenahi.

Langkah pembenahan tersebut, salah satunya mencakup fasilitas penerangan lampu stadion. Selama ini stadion yang bisa menampung sekitar 25 ribu penonton itu memang terkesan redup meski lokasinya terletak di tengah-tengah Kota Kembang. Sorot lampunya tak seterang Stadion Si Jalak Harupat yang dalam 8 tahun terakhir jadi kandang Persib.

Untuk membuat Stadion Siliwangi lebih bercahaya dan tak terkesan angker, akan dipasang lampu penerangan dengan tingkat atau daya cahaya yang sesuai standar FIFA. Selain fasilitas lampu, pembenahan juga dilakukan untuk kualitas rumput dan permukaan lapangan.

Tidak mengherankan jika Asprov PSSI Jabar yang ikut terlibat dalam proses pembenahan Stadion Siliwangi bersama pihak pengelola yakni Jasdam Siliwangi, berani menjamin setiap tim yang bertanding di stadion ini akan merasa lebih nyaman. Termasuk Persib dan Bali United yang bakal bertemu dalam uji coba yang diinisiasi oleh Asprov PSSI Jabar dan rencananya dilaksanakan, Sabtu 13 Februari 2016.

Pertandingan uji coba tersebut bisa dikatakan jadi 'comeback' Persib ke stadion yang ikut jadi saksi sejarah kisah sukses Persib, khususnya di era kompetisi Perserikatan.

"Insya Allah tim yang bertanding akan merasa puas dengan kondisi lapangan. Termasuk Persib dan Bali United. Sebab pihak Jasdam sudah melakukan berbagai perbaikan fasilitas di dalamnya," jelas Sekjen Asprov PSSI Jabar, Jafar Sidik.

Stadion Siliwangi selama ini memang mulai tersisihkan. Terakhir kali stadion ini rutin menggelar pertandingan bertaraf nasional ketika dijadikan kandang oleh Pelita Bandung Raya (PBR) di kompetisi LSI 2013.

Itu pun tak lama, karena dalam perjalanannya PBR pun kala itu kerap melaksanakan laga kandang di Stadion Si Jalak Harupat yang tergolong lebih representatif meski lokasinya kurang ideal, terutama dari segi akses jalan.

Meski begitu bukan berarti Stadion Siliwangi benar-benar ditinggalkan dan dilupakan. Persib selama ini juga tak jarang menggelar program latihan di stadion ini meski intensitasnya tak bisa dikatakan sering.

Bus Persib Kecelakaan Gara-gara Rem Blong
Persija Jakarta Vs Persib Bandung

Dilarang Pakai Atribut, Suporter Persija Berontak

The Jakmania akan orenkan Manahan saat lawan Persib.

img_title
VIVA.co.id
4 November 2016