Sanksi FIFA, Timnas Futsal Tetap Bidik Piala Dunia 2020

Federasi Futsal Indonesia (FFI)
Sumber :
  • viva.co.id / Satria Permana
VIVA.co.id
16 Pemain Lolos Seleksi Timnas Futsal Indonesia
- Federasi Futsal Indonesia (FFI), rupanya punya ambisi yang cukup serius dalam memajukan dunia futsal di Indonesia. FFI bahkan menargetkan Timnas Futsal Indonesia bisa menembus Piala Dunia Futsal 2020.

Timnas Futsal Seleksi 33 Pemain untuk Turnamen CFA

Kinerja FFI untuk mengangkat prestasi futsal diakui Sekjen, Edy Prasetyo, baru dimulau sejak 2 tahun lalu, tepatnya setelah Kongres Tahunan PSSI 2014.
Timnas Futsal Indonesia Ditantang China


Menurut Edy, FFI memanfaatkan momentum saat PSSI yang sebelumnya kurang memperhatikan potensi futsal, menjadi percaya akan potensi cabang olahraga ini.


"Olahraga futsal dulu memang tidak terlalu mendapat perhatian dari PSSI. Setelah kongres tahun 2014, kita bekerja mati-matian agar terus mendapat kepercayaan PSSI. Hasilnya terbukti, kita mengalami kemajuan di level kompetisi dan Timnas," ujar Edy kepada wartawan, Kamis 4 Februari 2016.


Walaupun FFI jadi salah satu 'korban' sanksi FIFA, rupanya tak membuat para pengurusnya kehilangan asa. Setelah sukses menggelar Liga Futsal Profesional tahun lalu, tahun ini FFI kembali akan menggelar kompetisi tersebut.


Edy juga mengungkap jika sebenarnya Indonesia adalah salah satu kekuatan futsal di Asia, dan bahkan di dunia. Tak hanya itu, Edy juga membeberkan saat sanksi FIFA belum menjatuhkan sanksi, peringkat futsal Indonesia di Asia masuk dalam 10 besar. Sedang di dunia, futsal Indonesia masuk dalam 45 besar dunia.


"Lawan kita terberat di Asia, kalau tidak Iran ya Jepang. Sebelum kita kena sanksi, Indonesia masuk 10 besar Asia dan 45 besar dunia," lanjut Edy.


"Maka itu, kita punya target untuk bisa masuk Piala Dunia Futsal 2020. Jangan masuk ke Piala Dunia, menjadi tuan rumah Piala Dunia juga kita siap," ucapnya.


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya