Pasang Surut Karier John Terry di Chelsea

Sumber :
  • REUTERS

VIVA.co.id - John Terry sudah memutuskan akan meninggalkan Chelsea di akhir musim ini. Berbagai rekor dan gelar telah dirih pemain 35 tahun ini selama 17 setengah tahun berkarir di Stamford Bridge.

Berbagai gelar bergengsi telah diraih kapten Chelsea ini. Di antaranya, 4 Premier League, 5 Piala FA, 3 Piala Liga, serta masing-masing satu gelar Liga Champions dan Liga Europa.

Meski demikian, tidak selamanya karier Terry berjalan mulus. Berikut ini pasang surut karier Terry selama berkarier di Chelsea, seperti dilansir Soccerway, Senin 1 Februari 2016:

Momen Terbaik
Kubur Barcelona

Terry masuk sebagai bek terbaik Eropa di tahun 2005. Di musim itu, Terry memang telah menjelma menjadi bek papan atas Eropa. Tak hanya itu, dia juga menjadi sosok pemimpin dan kerap mencetak gol penentu.

Salah satu aksi Terry yang paling dikenang adalah kala dia mencetak gol yang mengubur harapan Barcelona di babak 16 Liga Champions 2015. Terry membawa Chelsea menang 4-2 dan unggul agregat gol di markas lawan.

Gelar Ganda
Usai ditinggalkan Jose Mourinho (2006), Terry mampu memimpin Chelsea kembali bersinar di era kepelatihan Carlo Ancelotti di musim 2010. Kala itu, The Blues meraih gelar ganda, Premier League dan Piala FA.

Ini merupakan prestasi tersendiri dan masuk dalam sejarah sepakbola di Inggris. Mengingat hanya ada tujuh klub yang sukses mengawinkan dua gelar bergengsi ini sepanjang sejarah sepakbola Inggris.

Bersinar Bareng Mourinho
Sempat meredup di musim 2013, Terry kembali bangkit saat Chelsea diasuh Jose Mourinho mulai awal musim 2014. Dia menjadi pemain kunci saat The Blues sukses juara Premier League 2015.

Dia pemain kedua di sepanjang sejarah Premier League yang tampil di tiap laga dan menjadi juara di musim 2015. Tak hanya itu, dia juga membantu Chelsea meraih 17 cleansheet dan mencetak lima gol.

Kante Ternyata Punya Perasaan Khusus pada Hazard

Pelatih Chelsea, Jose Mourinho dan John Terry

Selanjutnya: dari penalti kepleset hingga akhir kelabu di timnas

Chelsea Menang, Liverpool Dibantai Klub Medioker

Momen Kelam
Penalti Kepleset

Chelsea berpeluang menjuarai Liga Champions pertama mereka pada musim 2008. Chelsea melaju ke final melawan Manchester United. Laga yang berakhir imbang membuat dilanjutkan ke adu penalti.

Dan Terry yang menjadi salah satu eksekutor yang penalti yang gagal menjalankan tugasnya. Dia kepleset yang membuat bola gagal masuk gawang. MU kemudian menjadi juara lewat kemenangan adu penalti.

Akhir Kelabu

Karier Terry berakhir di timnas Inggris berawal dari hukuman yang diterimanya karena dituduh melakukan aksi rasisme terhadap bek QPR, Anton Ferdinand. Setelah ban kapten dicabut oleh FA, Terry memilih pensiun dari timnas di tahun 2012.

Bencana Juara Bertahan
Sukses Terry membawa Chelsea juara Premier League 2015, tidak berlanjut musim ini. Chelsea terpuruk dan sempat menghuni papan bawah klasemen sementara. Terry pun dituding jadi salah satu biang kegagalan.

Salah satu kekalahan memalukan adalah kala Chelsea dihajar ManCity 0-3. Chelsea hanya menang sekali dari lima laga pertama Premier League. Di salah satu laga di antaranya, Terry diusir wasit. 

Gelandang Liverpool Pensiun dari Timnas Inggris

Chelsea VS Liverpool

(ren)

Antonio Conte dan Juergen Klopp

Ini Lawan Chelsea dan Liverpool di Babak 2 Piala Liga

Sejumlah klub Premier League hadapi ujian tidak mudah.

img_title
VIVA.co.id
11 Agustus 2016