Kenaikan Gaji Messi Bisa Jadi Awal Krisis di Barcelona

Sumber :
  • REUTERS/Albert Gea
VIVA.co.id
Malam Bersejarah di Liga Champions, Pemuda 19 Tahun Kalahkan Messi
- Barcelona menaikkan gaji dua pemain bintangnya, Lionel Messi dan Neymar. Klub Katalan itu harus menyiapkan dana ekstra, setidaknya £19 juta musim depan, dalam daftar pengeluaran untuk gaji yang sebelumnya sudah sangat memberatkan.

Barcelona Banting Harga Coutinho, Rela Rugi

Dilansir dari
4 Skema Barcelona Juara LaLiga
Independent pada Jumat, 29 Januari 2016, Barcelona bahkan sudah terancam krisis finansial, sebelum menaikkan gaji Messi dan Neymar. Mereka menanggung kerugian besar, dari besarnya pembayaran bonus saat memenangkan banyak trofi.


Semakin besarnya pengeluaran Barcelona untuk gaji, dengan kenaikan gaji bagi Messi dan Neymar, bisa membuat mereka gagal memenuhi ketentuan Financial Fair Play. Terpaksa mundurnya Josep Maria Bartomeu sebagai presiden klub, hanya akan jadi salah satu dampaknya.


Menurut media Spanyol, AS, Barcelona kini dalam posisi yang sangat rumit. Mereka juga harus memperbarui kontrak beberapa pemain lain, seperti Sergio Busquets. Gaji Messi dilaporkan melompat naik dari 22,8 juta euro (£17,34 juta) menjadi to 39,4 juta euro (£29,97 juta).


Sementara Neymar naik hampir dua kali lipat, dari 9,1 juta euro (£6,92 juta) menjadi 17,6 juta euro (£13,39 juta). Penyerang asal Brasil itu juga masih dalam negosiasi kontrak baru, yang akan membuat gajinya naik lagi menjadi sedikitnya 22 juta euro (£16,73 juta).


La Liga menerapkan batas maksimal pembayaran gaji sebesar 421 juta euro, dan jumlah yang harus dibayarkan Barcelona musim ini sudah mencapai 419 juta euro. Naiknya gaji Messi dan Neymar, membuat mereka harus membayar 25,1 juta lebih besar musim depan.


Jadi total gaji Barcelona musim depan, akan melewati batas maksimal yang ditentukan La Liga. Belum diketahui apa yang akan dilakukan Barcelona sebagai solusi. Namun diyakini Blaugrana akan melepas beberapa pemainnya, untuk mengurangi total gaji yang harus dibayar.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya