Ada Balon Pisang di Laga ManCity Vs Everton. Mengapa?

Kiper Everton Joel Robles mengeluarkan boneka pisang dari lapangan.
Sumber :
  • REUTERS

VIVA.co.id - Ratusan balon berbentuk pisang dalam ukuran besar, terlihat di sekitar Etihad Stadium, sebelum dan selama laga leg kedua semi final Piala Liga. Ternyata itu bagian dari janji Manchester City pada suporter, untuk laga melawan Everton pada Kamis, 28 Januari 2016.

Dilansir dari Mirror, ada puluhan ribu bangku kosong di Etihad saat laga berlangsung. Manchester City sebenarnya sudah berusaha menarik minat pendukungnya, untuk bersedia menonton laga di kandang, dengan menjanjikan balon pisang gratis.

Namun hingga detik terakhir sebelum pertandingan, tiket tidak juga bisa terjual habis. Ada sedikitnya 20.000 bangku kosong, karena tidak banyak yang menganggap laga Manchester City vs Everton cukup menarik buat ditonton.

Alasan mengapa balon pisang yang dibagikan, masih belum jelas. Namun menurut situs resmi Manchester City, itu bukan yang pertama kalinya. Peristiwa di mana suporter membawa banyak balon pisang, disebut sudah terjadi sejak 30 tahun lalu.

Pihak klub pun tampaknya tidak tahu, apa yang mendasari suporter membawa balon pisang ke stadion. Tapi tetap saja mereka membuat keputusan, bahwa balon pisang akan digunakan sebagai bagian dari iming-iming, agar suporter mau membeli tiket pertandingan.

Ada beberapa rumor soal tradisi balon pisang. Pertama adalah City punya tradisi terpeleset, dalam pertandingan yang semestinya dapat dengan mudah mereka menangkan. Namun alasan ini sebenarnya lebih tepat digunakan rival mereka untuk mengejek.

Teori lain terkait dengan mantan pemain favorit suporter Manchester City, Imre Varadi. Selama masih aktif sebagai pemain antara 1986-1988, Varadi memiliki nama julukan yang sedikit terdengar seperti kata 'pisang', maka suporter membawa balon pisang sebagai bentuk dukungan.

Sementara dugaan ketiga, dan yang paling memungkinkan, merujuk pada pembukaan musim Divisi Dua pada 1987. Ketika itu seorang suporter bernama Frank Newton, membawa balon pisang raksasa ke bangku penonton dalam laga melawan Pylmouth Argyle.

Varadi saat itu ikut bermain, dan suporter berteriak 'Imre Banana' untuk mendukungnya. Tidak ada teori yang bisa dibuktikan kebenarannya. Bagi-bagi balon pisang yang dilakukan Manchester City, masih belum jelas apa dasarnya. Apalagi pisang bisa berdampak negatif, karena terkait isu sensitif rasial.

Guardiola Diragukan, Xavi Turun Tangan

(mus)

Yaya Toure merayakan gol Manchester City

Yaya Toure Akhirnya Menyerah, Minta Agennya Diam

Yaya Toure berusaha untuk berdamai dengan bos ManCity

img_title
VIVA.co.id
4 November 2016