Ketajaman Higuain Kalahkan Bomber-bomber Subur Eropa

Striker Napoli, Gonzalo Higuain
Sumber :
  • REUTERS/Ciro De Luca

VIVA.co.id - Jika berbicara mengenai striker terganas di Eropa, biasanya tak pernah jauh dari Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo. Torehan gol megabintang Barcelona dan Real Madrid ini sulit disaingi oleh bintang-bintang lain.

Namun, kini bukan Messi maupun Ronaldo yang menyandang striker tersubur di Eropa. Adalah bomber Napoli, Gonzalo Higuain yang kini menyandang predikat tersebut.

Sebanyak 20 gol dalam 20 pertandingan mampu disumbangkan Higuain di Serie A. Jumlah tersebut berada di atas bomber-bomber di 5 liga top Eropa: Serie A, La Liga, Premier League, Bundesliga, dan Ligue 1.

Jumlah gol Higuain di Serie A sulit disaingi pemain lain. Pesaing terdekat, Eder (Sampdoria) dan Paulo Dybala (Juventus), masing-masing baru mengoleksi 11 gol.

Real Madrid Dapat Kabar Gembira dari Ronaldo

Berkat Higuain, Napoli kini mampu bertengger di puncak klasemen Serie A. Partenopei mengumpulkan 44 poin dari 20 pertandingan, unggul 2 poin dari Juventus dan 4 poin dari Inter Milan. Mereka berpeluang menyabet Scudetto, yang kali terakhir diraih di musim 1989-90.

Selanjutnya: siapa pesaing Higuain?

Jawaban Pogba Membuat Real Madrid Batal Merekrutnya


MSN dan BBC Saingi Higuain

Namun, Higuain belum bisa tenang dengan predikat striker tersubur di Eropa. Pesaing kuat mantan bomber Real Madrid ini ada di kancah La Liga. Tak lain adalah trio MSN Barcelona (Lionel Messi, Luis Suarez, Neymar) dan trio BBC Real Madrid (Gareth Bale, Karim Benzema, Cristiano Ronaldo).
Banding Ditolak, Suarez Absen di Dua Laga Copa del Rey
Suarez menjadi saingan utama Higuain. Pemain internasional Uruguay ini sudah menorehkan 18 gol, hanya terpaut 2 gol dari El Pipita. Selanjutnya, Benzema, Neymar, dan Ronaldo masing-masing sudah menorehkan 16 gol.

Selanjutnya, ada Bale dengan 13 gol. Messi yang sempat mengalami cedera musim ini tercecer cukup jauh, dengan torehan 10 gol.

Pesaing berat Higuain lainnya ada dari tanah Jerman. Striker Borussia Dortmund, Pierre-Emerick Aubameyang mampu tampil memukau musim ini. Pemain yang baru saja dinobatkan sebagai Pemain Terbaik Afrika ini sudah mengumpulkan 18 gol dari 17 pertandingan.

Dua pemain Bayern Munich juga bisa bersaing sebagai pemain paling subur di Eropa. Ada Robert Lewandowski yang menorehkan 15 gol, disusul Thomas Mueller dengan 14 gol.

Selanjutnya: Liga Portugal punya bomber subur

Setelah Higuain, Napoli Kehilangan Bintang Lagi?



Inggris Melempem, Portugal Punya Pesaing Kuat

Premier League sepertinya tak punya pemain yang bisa menandingi Higuain. Dua bomber yang sempat tampil memukau, Romelu Lukaku (Everton) dan Jamie Vardy (Leicester City) tampil loyo dalam beberapa pekan terakhir. Torehan gol kedua pemain ini terhenti di angka 15 gol.

Ligue 1 Prancis juga sepertinya sulit bersaing. Top scorer mereka adalah bomber Paris Saint-Germain, Zlatan Ibrahimovic. Pemain internasional Swedia ini mengumpulkan 16 gol, terpaut 4 gol dari Higuain.

Saingan kuat justru muncul dari Primeira Liga Portugal. Striker Benfica, Jonas Goncalves Oliveira tercatat sebagai bomber tersubur di Portugal. Pemain internasional Brasil ini mampu mencetak 18 gol hanya dari 17 penampilan.

Kompetisi Eropa masih akan berlangsung hingga Mei nanti. Menarik disimak, apakah Higuain bisa terus tampil subur hingga akhir musim. Atau mungkin, muncul pemain lain yang akhirnya meraih Sepatu Emas Eropa sebagai pemain tersubur.


Top scorer di 5 Liga Top Eropa (ditambah Portugal)

Serie A: Gonzalo Higuain (20 gol)
Premier League: Romelu Lukaku dan Jamie Vardy (15 gol)
La Liga: Luis Suarez (18 gol)
Bundesliga: Pierre-Emerick Aubameyang (18 gol)
Ligue 1: Zlatan Ibrahimovic (16 gol)
Primeira Liga: Jonas (18 gol)

Striker Barcelona, Lionel Messi

Barcelona Masih Mau Beli Striker Walau Sudah Ada MSN

Tapi, keputusan tersebut tergantung pada penilaian Luis Enrique.

img_title
VIVA.co.id
11 Agustus 2016