11 Bintang Muslim Luar Biasa di Sepakbola Eropa

Mesut Oezil berdoa sebelum pertandingan
Sumber :
  • REUTERS
VIVA.co.id
Arsenal Tanpa 3 Pilar Saat Hadapi Liverpool
- Saat ini, bintang-bintang muslim mampu menembus persaingan di liga-liga top Eropa. Kehadiran mereka tak hanya menjadi pelengkap. Para pemain ini tampil luar biasa bersama klub masing-masing.

'Arsenal Tak Butuh Mahrez'

Para pemain bintang ini tetap teguh menjalankan keyakinannya, meskipun menjadi minoritas di Eropa. Gelandang Arsenal, Mesut Oezil misalnya. Pemain berdarah Jerman-Turki ini merupakan pemeluk muslim yang taat. Bukan cuma menunaikan salat lima waktu, dia kerap membaca Alquran serta berusaha ikut berpuasa saat Ramadan.
Lawan Bayern, Real Madrid Belum Turunkan Benzema


Tak sulit menyusun skuad starting XI yang terdiri dari pemain-pemain muslim. Ada pemain luar biasa dari berbagai lini, dari mulai kiper, bek, gelandang, striker yang beragama Islam. Tak ketinggalan, ada juga pelatih muslim yang menangani tim hebat.

Berikut skuad muslim yang kini tampil di liga top Eropa:

1. Penjaga gawang
Di sektor ini, ada penjaga gawang Inter Milan, Samir Handanovic . Darah muslim Handanovic mengalir dari orang tuanya yang berasal dari Bosnia-Herzegovina.

Keberhasilan La Beneamata menempati puncak klasemen sementara Serie A, tak terlepas dari peran gemilang Handa. Inter hanya kebobolan 11 gol dari 17 pertandingan, dan tercatat sebagai tim yang paling sedikit kebobolan.

Inter Tumbangkan Roma dan Naik ke Puncak Serie A



2. Pemain Belakang

Di posisi belakang, ada
Mehdi Benatia
yang merupakan seorang muslim yang taat. Pemain 28 tahun ini sempat menolak memegang bir di saat sesi pemotretan produk sponsor di Bayern Munich.


Benatia kerap menjadi andalan di lini belakang Bayern. Dua musim bersama FC Hollywood, 3 gol dari 34 pertandingan disumbangkan pemain 28 tahun ini.


Selanjutnya, ada bek tengah Manchester City,
Bacary Sagna
. Mantan pemain Arsenal ini pernah mengungkapkan kebahagiaan sebagai seorang muslim, lewat akun Facebook miliknya, beberapa waktu lalu.


"Saya ingin berterima kasih kepada Tuhan karena telah memberikan saya kehidupan yang hebat untuk kesehatan, dikelilingi oleh orang-orang luar biasa, bisa melihat, berjalan, berbicara dan dilahirkan menjadi seorang Muslim, Alhamdulillah," ungkap pemain Prancis berdarah Senegal ini.


Masih di posisi bek, ada pemain muda masa depan Chelsea,
Kurt Zouma
. Darah muslim Zouma berasal dari kedua orang tuanya yang merupakan imigran dari Afrika Tengah. Pemain 21 tahun ini beberapa kali menunjukkan diri sebagai seorang muslim lewat selebrasi sujud syukur maupun berdoa sebelum pertandingan.




3. Pemain Tengah

Bintang muda Juventus yang menjadi buruan raksasa Eropa,
Paul Pogba
merupakan seorang muslim. Ada foto Pogba yang tak lupa menjalankan ibadah salat Jumat, saat mengunjungi Dubai, Uni Emirat Arab pada akhir tahun 2014.


Pogba mengikuti jejak ibunya Yeo yang juga seorang muslim. Dia beberapa kali terlihat sedang berdoa sebelum pertandingan berlangsung.


Satu lagi pemain muslim hebat di lini tengah adalah gelandang ManCity,
Yaya Toure
. Permainan pemain internasional Pantai Gading ini tengah menanjak dengan raihan 3 gol dalam 4 pertandingan terakhir di Premier League.


Toure dikenal sebagai muslim yang taat. Dia pernah menolak hadiah bir yang merupakan hadiah yang biasa diberikan untuk
man of the match
di Premier League. usai insiden ini, Premier League memberikan hadiah minuman alternatif untuk penganut Islam.


Tak bisa dilupakan gelandang Arsenal, Mesut Oezil. Pemain internasional Jerman ini menjadi pemain kunci yang membawa The Gunners menempati puncak klasemen Premier League.


Oezil sudah membukukan 16
assist
musim ini. Hanya tertinggal empat assist dari rekor Premier League yang diraih Thierry Henry pada musim 2003 (20 assist).


Riyad Mahrez tak bisa dilupakan jika menyebut gelandang muslim paling fenomenal saat ini. Bintang Leicester City ini mampu membawa timnya bersaing di papan atas Premier League. Itu tak lepas dari kontribusi Mahrez, yang mencetak 13 gol dari 19 pertandingan.

Pantau Mahrez, Empat Tim Premier League Kirim  Mata-mata

Nama
Sofiane Feghouli
juga layak untuk dikedepankan. Sejak membela Valencia pada musim 2010-11, pemain internasional Aljazair ini selalu menjadi andalan. 29 gol dari 182 penampilan disumbangkan Feghouli untuk Los Che. Feghouli kini menjadi incaran tim papan atas Eropa, di antaranya Mannchester United dan Inter Milan.




4. Penyerang

Di lini depan ada bintang AS Roma,
Mohamed Salah
. Pemain 23 tahun ini menjadi andalan Giallorossi musim ini dengan torehan 6 gol dari 19 pertandingan. Pemain internasional Mesir ini beberapa kali menunjukkan jati diri sebagai seorang muslim, dengan selebrasi sujud syukur.

Winger AS Roma, Mohamed Salah

Selanjutnya, ada penyerang Real Madrid,
Karim Benzema
. Meski digoyang karena skandal video seks Mathieu Valbuena, Benzema tetap menunjukkan diri sebagai predator ganas di depan gawang. Sebanyak 16 gol disumbangkan pemain internasional Prancis ini dari 17 pertandingan.

Benzema Dibully Fans Valencia

5. Pelatih

Tak banyak pelatih muslim yang menukangi tim papan atas Eropa. Namun, Real Madrid baru saja memiliki pelatih muslim. Tak lain adalah
Zinedine Zidane
yang baru saja ditunjuk sebagai suksesor Rafael Benitez yang dipecat.

Zidane Janjikan Madrid Bermain Indah dan Menyerang

Meski tak punya banyak pengalaman sebagai pelatih, Zidane diharap mampu mengangkat prestasi Cristiano Ronaldo dan kawan-kawan. Terlebih, pria berkepala plontos ini punya banyak prestasi semasa menjadi pemain.


Di sela-sela kesibukannya di lapangan hijau, Zidane tak pernah melupakan kewajibannya sebagai seorang muslim. Dia mengaku tak pernah lupa menjalankan ibadah salat 5 waktu.


"Salat adalah sumber kekuatanku. Karena setelah salat, hati serasa tenang," kata Zidane beberapa saat lalu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya