Sejarah Boxing Day, Tradisi yang Tetap Ada di Tengah Kritik

Menanti laga Boxing Day Premier League
Sumber :

VIVA.co.id - Memasuki Natal dan Tahun Baru, kompetisi di liga-liga top Eropa pada umumnya diliburkan. Namun, hal ini tak berlaku di Premier League. Liga Inggris justru tak mengenal libur Natal dan Tahun Baru.

Di Inggris, kompetisi tetap berjalan pada 26 Desember, yang dikenal dengan istilah Boxing Day. Istilah ini mulai dipopulerkan pada pertengahan abad ke-19, saat masa pemerintahan Ratu Victoria.

MU Mainkan Mkhitaryan Lagi, Mourinho Tidak Puas

Sebelumnya, perayaan ini dikhususkan bagi para penduduk golongan bawah (pelayan) yang selama satu tahun melayani sang majikan.

Perayaan ini menghargai yang tetap bekerja di hari Natal. Setelah itu, esok harinya mereka mendapatkan hari libur dan menerima berbagai macam hadiah dalam bentuk kotak kado (boxes) dari para majikan. Dari sinilah awal mula muncul istilah Boxing Day.

Di masyarakat Inggris, tradisi Boxing Day dirayakan dengan cara berkumpul bersama keluarga, teman, bertukar kado atau bahkan bersama-sama menyaksikan pertandingan sepakbola. Toko-toko tetap buka dan menjual barang-barang dengan hadiah dengan harga diskon.

Itulah salah satu alasan pertandingan dihelat saat Boxing Day. Klub-klub bertekad memberikan kado berupa kemenangan kepada fans yang setia mendukung. Mereka tetap memberikan hiburan di saat kompetisi Eropa lainnya tengah memasuki masa libur.



Kritik Soal Boxing Day

Beberapa kritikan sempat muncul terkait laga Boxing Day. Kritikan paling keras datang dari pemain dan manajer asing yang biasanya merasakan libur musim dingin.

Di saat kompetisi lain libur, ada tiga laga padat Premier League ditambah babak tiga Piala FA. Manajer Manchester United, Louis van Gaal menjadi yang paling keras dalam melontarkan kritikan.

"Tak ada istirahat musim dingin dan saya pikir ini merupakan hal yang paling jahat di budaya ini. Ini tak bagus untuk sepakbola Inggris," kata Van Gaal seperti dilansir Guardian.

"Ini tak bagus untuk klub dan juga tim nasional. Inggris tak pernah menjuarai apapun selama berapa tahun? Sebab, semua pemain habis di akhir musim," lanjut pelatih asal Belanda ini.

Yang jelas, beberapa laga seru akan berlangsung di Boxing Day kali ini. Manchester United akan bersua Stoke City di Britannia Stadium. Ini bisa menjadi ujian bagi van Gaal yang posisinya digoyang karena serangkaian hasil buruk.

Lalu, pemuncak klasemen Leicester City akan bertandang ke Anfield menghadapi Liverpool. Chelsea yang baru saja menunjuk Guus Hiddik sebagai nakhoda anyar bakal menjamu Watford di Stamford Bridge.

Di laga lainnya, Manchester City ditantang Sunderland di Etihad Stadium. Sedangkan Arsenal menghadapi tuan rumah Southampton di St Mary's. (ase)

Target Winger Muda MU Musim Ini: 2 Trofi dan 10 Gol
Manajer Manchester United, Jose Mourinho

Rekor Buruk Mourinho di MU

Dari dua manajer sebelumnya, Mourinho memiliki rekor terburuk.

img_title
VIVA.co.id
4 November 2016