FIFA Jatuhi Blatter dan Platini Hukuman 8 Tahun

Michel Platini dan Sepp Blatter
Sumber :

VIVA.co.id - Federasi Sepakbola Internasional (FIFA) menjatuhkan hukuman kepada dua tokoh penting sepakbola, Sepp Blatter dan Michel Platini. Kedua pria ini dijatuhi hukuman 8 tahun dilarang berkecimpung di dunia sepakbola.

Seperti dilansir USA Today, Komite Etik FIFA memutuskan Blatter bersalah karena melanggar aturan terkait konflik kepentingan, loyalitas, dan penawaran hadiah. Sedangkan Platini melanggar aturan mengenai konflik kepentingan dan loyalitas.

"Akibat kegagalan menempatkan kepentingan FIFA, dan menjauhkan diri dari segala sesuatu yang bertentangan dengan kepentingan FIFA, Blatter telah melanggar kewajiban untuk FIFA," demikian bunyi pernyataan Komite Etik FIFA.

"Platini gagal untuk bertindak dengan kredibilitas dan integritas. Menunjukkan ketidaksadaran atas pentingnya kewajiban dan tanggung jawab secara bersamaan," lanjut pernyataan tersebut.

Blatter yang pernah menjabat sebagai Presiden FIFA juga dijatuhi denda sebesar 50 ribu franc Swiss. Sedangkan Platini yang menjabat Presiden UEFA menerima denda 80 ribu franc Swiss. Jabatan Blatter sebagai Presiden FIFA sebelumnya sudah dicabut akibat kasus korupsi.

Dengan demikian Blatter sudah tak mungkin menjadi Presiden FIFA selanjutnya dalam pemilihan pada 26 Februari 2016. Demikian pula Platini yang tak mungkin menjadi penerus Blatter.

Standar Ganda FIFA, Kapten Timnas Rusia: Mereka Lupa

Baik Platini maupun Blatter masih akan mengajukan banding terkait hukuman ini. (one)

Logo di markas FIFA

Chelsea Disanksi Pemerintah Inggris, ke Mana FIFA?

Penjualan Chelsea oleh Roman Abramovich tidak bisa terealisasi, karena pemerintah Inggris akan memblokir seluruh transaksi. Nah, ke mana FIFA di saat seperti ini?

img_title
VIVA.co.id
10 Maret 2022