Umuh Hargai Keputusan Firman Utina Tinggalkan Persib

Kapten Persib Bandung, Firman Utina, bersama Manajer Umuh Muhtar
Sumber :
  • VIVAnews/Aji YK Putra

VIVA.co.id - Manajer Persib Bandung, Umuh Muchtar, menghargai keputusan Firman Utina yang menarik diri dari skuad Maung Bandung setelah juara ISL 2014 dan Piala Presiden 2015 itu tersingkir dari turnamen Piala Jenderal Sudirman.

Menurut Umuh, langkah Firman merupakan hak sepenuhnya sebagai pemain. Apalagi, selama di Piala Jenderal Sudirman, Firman termasuk pemain yang tak menandatangani kontrak jangka pendek yang disodorkan PT Persib Bandung Bermartabat (PBB).

Umuh duduk sebagai salah satu Komisaris PT PBB dan memiliki saham di perusahaan yang mengelola Persib sejak 2009 tersebut. Namun, dia tak mengetahui secara pasti permasalahan kontrak yang ditengarai menjadi salah satu faktor penyebab merosotnya kinerja dan motivasi pemain di lapangan.

Dilarang Pakai Atribut, Suporter Persija Berontak

Sosok yang beberapa waktu lalu menyatakan pengunduran diri dari posisi manajer meski belum mendapatkan restu dari para petinggi PT PBB ini mengungkapkan, sudah berbicara dengan Firman soal alasan menarik diri dari tim.

"Saya sudah dapat laporan dari Firman. Tapi, saya tak mau berpolemik soal ini. Itu hak pemain. Soal kontrak ini, saya tidak banyak mengetahui dan banyak mendapat laporan karena sebagian juga ada yang dilakukan di Surabaya," ungkap Umuh.

Selain Firman, ada tiga pemain lain yang tak menandatangani kontrak yang disodorkan PT PBB, yakni Ahmad Jufriyanto, Supardi Nasir, dan Abdulrahman. Alasan keempat pemain tersebut bisa dikatakan sama yakni tak setuju dengan beberapa poin atau pasal dalam klausul kontrak.

Terkait posisi dan perannya sebagai manajer, Umuh memastikan jika keputusannya mundur juga karena tak merasa memiliki tugas jelas dan pasti di tengah situasi tim yang serba tak menentu akibat kondisi sepakbola Indonesia yang masih runyam.

"Yang jelas saya dan kita semua berharap segera ada kepastian soal kompetisi. Semoga ada pertandingan lagi dan liga bisa kembali digulirkan. Saya mundur karena sekarang apa yang harus saya pimpin di tim?" ujarnya. (one)

5 Nama Berebut Gelar Pemain Terbaik Piala Jenderal Sudirman

Danurwindo ditunjuk Mahaka sebagai pemantau nominasi ini.

img_title
VIVA.co.id
30 Oktober 2018