Kemampuan Ronaldo Bisa Ditiru, Tapi Tidak untuk Messi

Sumber :
  • REUTERS/Gustau Nacarino
VIVA.co.id -
10 Nominasi Pemain Terbaik FIFA, Messi dan Ronaldo Punya Pesaing Berat
Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo seolah menjadi indikator kemampuan pesepakbola di dunia. Edgar Davids menilai bila kemampuan Ronaldo bisa ditiru, namun tidak untuk Messi.

Ronaldo Pecahkan Rekor Gol Sundulan

Davids yang merupakan mantan pemain Juventus dan timnas Belanda ini, sebelumnya mengatakan bila Messi adalah sebuah anomali karena bakatnya. Sementara itu, Ronaldo, hebat karena kerja kerasnya.
5 Bintang Top Eropa yang Anti Minuman Beralkohol


Keduanya juga memang memiliki karakteristik permainan yang berbeda, namun tidak mungkin bagi pemain untuk bisa meniru Messi. Akan tetapi, para pemain muda bisa mencapai level yang dimiliki Ronaldo.


"Apakah Anda bisa menjadi seperti Messi jika bekerja keras? Tidak, sama sekali tidak mungkin. Apakah Anda bisa menjadi seperti Ronaldo? Ya, sampai level tertentu," kata Davids kepada FIFA.


Ronaldo yang bermain untuk Real Madrid dan Lionel Messi dengan Barcelona, akan bersaing memperebutkan gelar FIFA Ballon d'Or. Keduanya akan menjadi finalis bersama bintang asal Brasil yang juga bermain untuk Barcelona, Neymar.


Dalam tujuh tahun terakhir, penghargaan Ballon d'Or silih berganti diraih Messi dan Ronaldo. Messi empat kali meraih gelar ini, sedangkan Ronaldo meraihnya tiga kali, termasuk dua tahun terakhir. (art)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya