Manchester City Menang Atas Southampton

Willy Caballero
Sumber :
  • BeINSport
VIVA.co.id
Liverpool Tunjuk Direktur Sepakbola untuk Pertama Kali
- Manchester City sukses bangkit dari dua kekalahan, dengan menang 3-1 atas tamunya Southampton di Etihad Stadium pada Sabtu, 28 November 2015. Tiga gol City dicetak Kevin De Bruyne, Fabian Delph dan Kolarov.

Yaya Toure Akhirnya Menyerah, Minta Agennya Diam

Sementara satu gol balasan dari Southampton dibuat oleh Shane Long. City sebenarnya terancam tak dapat memenangkan laga, jika wasit memberikan hadiah penalti yang sepantasnya didapat oleh Southampton.
Kalah, Caretaker Inter Milan Masih Berharap pada 2 Laga Sisa


Tayangan ulang memperlihatkan dengan jelas, bagaimana tangan Fernandinho menyentuh bola pada menit ke-67. Situasi laga bisa jadi berbeda, jika Southampton berhasil menyamakan kedudukan menjadi 2-2.

Unggul dua gol di babak pertama, tidak membuat Manuel Pellegrini berusaha menyimpan kekuatan. Empat menit dimulainya babak kedua, David Silva terlihat melakukan pemanasan untuk menjalani pertandingan pertama, setelah kembali dari cedera.


Namun tepuk tangan meriah dari suporter City untuk menyambut Silva, justru menjadi pengiring gol balasan Southampton, yang dicetak Shane Long pada menit ke-49. Silva akhirnya baru dimasukkan pada menit ke-75 menggantikan Raheem Sterling.


Southampton membangun serangan lewat Sadio Mane di menit 50. Dia melepaskan umpan cantik pada Long, yang sayangnya gagal berbuah menjadi gol kedua. Barisan belakang City tampak kewalahan, setelah Southampton berhasil mencetak gol.


Terlihat jelas rapuhnya koordinasi lini belakang City tanpa Vincent Kompany. Tercatat sudah 13 kali City kebobolan, dalam enam pertandingan tanpa sang kapten yang cedera.


Dusan Tadic yang masuk menggantikan Romeu pada babak kedua, mendapat kesempatan bagus bagi Southampton di menit 63. Barisan belakang City bahkan hanya dapat berdiri dan menyaksikan Tadic, yang hanya tinggal berhadapan satu lawan satu dengan Caballero.


Tendangan Tadic berhasil diselamatkan. Long berusaha memanfaatkan bola muntah, yang kemudian mengenai tangan Fernandinho. Sayang wasit tidak bereaksi dan Southampton pun kehilangan kesempatan memperoleh penalti.


Caballero kembali dipaksa bekerja keras pada menit ke-67, untuk menahan tendangan Tadic. Gelandang asal Serbia itu terus berusaha membuat peluang bagi timnya, setiap kali mendapatkan bola.


Namun semangat juang para pemain Southampton, tidak membuat mereka sukses menyamakan skor. Sebaliknya City sukses mencetak gol ketiga lewat Kolarov pada menit ke-69. Tidak ada lagi gol tercipta hingga babak kedua berakhir.


Manchester City mendominasi permainan, sejak menit pertama laga dimulai melawan Southampton. Kombinasi antara Raheem Sterling dan Yaya Toure dalam kotak, hampir menciptakan gol pertama bagi City.


Namun Stekelenburg masih dapat menahan tembakan rendah Sterling. Delapan menit kemudian Kevin De Bruyne sukses mencetak gol pertama, dengan sepakan dari jarak dekat. Disusul pada menit ke-20 dengan gol dari Fabian Delph.


Kevin De Bruyne menjadi pusat perhatian dalam pertandingan. Golnya telah menambah catatan fantastis bintang Belgia, yang dibeli mahal oleh City musim ini. Dia kini telah membuat tujuh gol dan asisst dalam enam duel City di Etihad.


Berdasarkan statistik Opta, Kevin De Bruyne sejak musim lalu, menjadi pemain yang paling banyak menciptakan assist. Tidak ada pemain lain pada lima liga besar Eropa, yang dapat menyamai pencapaiannya.


Tertinggal dua gol, Southampton mulai coba membalas. Van Dijk melepaskan tendakan keras dari jauh di menit 22, yang tidak mampu ditahan oleh Caballero. Tapi sayang bola membentur mistar. Sadio Mane coba menembus pertahanan City tiga menit kemudian.


Namun Otamendi sukses dengan tekelnya, mengakhiri ancaman pemain incaran Totthenham Hotspur itu. Menit ke-35 De Bruyne memberikan umpan matang pada Sterling, yang sayangnya tidak dapat menendang bola ke arah gawang.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya