Satu Lagi Wasit Piala Jenderal Sudirman 'Diistirahatkan'

Wasit lokal (biru) di kompetisi di Indonesia.
Sumber :
  • VIVA.co.id/D.A Pitaloka
VIVA.co.id
Pelatih Persija Akui Keganasan Borneo FC
- Kontroversi yang terjadi pada laga antara Sriwijaya FC melawan Persija Jakarta memaksa Komite Wasit memutuskan untuk mengistirahatkan sementara seorang hakim garis. Pasalnya, dia dianggap melakukan kelalaian dalam beberapa momen.

Persija Kalah Beruntun di 3 Pertandingan, Ini Kata Pelatih
Seusai pertandingan yang dimenangkan oleh Persija dengan skor 1-0 tersebut, pihak Sriwijaya tampak emosional, terutama striker andalan mereka, FerdinanSinaga. Eks pemain Persib Bandung tersebut bahkan sampai berupaya mengejar wasit utama Iwan Sukoco yang dianggap tidak adil.

Pelatih Persija Setuju Syahrian Abimanyu Kena Kartu Merah Lawan Borneo
Tetapi, Ketua Komite Wasit Piala Jenderal Sudirman, Rudi Yulianto, memiliki pandangan yang berbeda. Dia menegaskan, setelah menyaksikan rekaman pertandingan, Iwan Sukoco dianggap tidak melakukan kesalahan.

"Kalau saya lihat dari rekaman, saya pikir sudah tepat. Memang ada satu kesalahan dari hakim garis, tapi nanti dia saja yang kita istirahatkan dulu," ungkap Rudi saat dihubungi VIVA.co.id.

Pada laga tersebut, Iwan Sukoco dibantu oleh dua asisten wasit, dan merujuk kepada laporan pertandingan, untuk asisten satu diisi oleh Maryono, sedangkan asisten dua Beni Andrico.

Namun, pengistirahatan ini bukanlah langkah untuk menyingkirkan hakim garis dari turnamen selamanya. Langkah ini dilakukan Komite Wasit sebagai bentuk penyegaran.

Rudi memaklumi jika kadang kala dalam menjalankan tugasnya, wasit-wasit memiliki hambatan tersendiri. "Intinya dari teori dan praktek di lapangan sudah kita lakukan. Tapi, memang performa wasit itu menentukan juga di lapangan," jelas pria berpangkat Kolonel Corps Polisi Militer tersebut.

Artinya, tiga wasit sudah yang kena status "diistirahatkan" oleh Komite Wasit Piala Jenderal Sudirman. Dua wasit utama di Grup B, Najamudin Aspiran dan Novari Iksan, ditambah satu asisten wasit yang baru diumumkan. (one)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya