Piala Jenderal Sudirman

Berbagai Insiden Memalukan di Laga Persija Vs Sriwijaya FC

Petugas keamanan mengawal wasit di laga Persija Vs Sriwijaya FC
Sumber :
  • viva.co.id / Dyah Pitaloka
VIVA.co.id
Pelatih Persija Akui Keganasan Borneo FC
- Sejumlah insiden mewarnai laga penyisihan grup Piala Jenderal Sudirman antara Persija Jakarta melawan Sriwijaya FC di Stadion Kanjuruhan, Rabu malam. Di laga itu, Persija menang tipis 1-0.

Persija Kalah Beruntun di 3 Pertandingan, Ini Kata Pelatih

Di babak pertama, sejumlah suporter di tribun ekonomi sempat terlihat menyorotkan lampu laser ke arah pemain saat pertandingan berlangsung. Setelah laga, giliran pemain Sriwijaya yang terlibat adu mulut dan lempar botol dengan suporter bola di Stadion Kanjuruhan.
Pelatih Persija Setuju Syahrian Abimanyu Kena Kartu Merah Lawan Borneo


Lampu laser berwarna hijau dan merah nampak disorotkan ke arah penjaga gawang Sriwijaya Dian Agus, beberapa kali di babak pertama. Mantan penjaga gawang Arema itu terlihat beberapa kali menggosok matanya akibat sorot laser itu.


Official pun sempat mengingatkan suporter agar tidak mempermaikan sinar laser selama di dalam stadion dan ketika pertandingan berlangsung. “Bagi suporter Persija atau Sriwijaya tolong jangan memainkan lampu laser selama pertandingan berlangsung,” kata salah satu official setelah jeda babak pertama usai.


Selain sorot laser, insiden berikutnya adalah ketika pemain Sriwijaya Patrich Wangai diusir wasit Iwan Sukoco di menit ke 40. Wasit awalnya memberikan Patrich kartu kuning akibat melanggar Dedi Hartono. Namun setelah terlibat adu mulut dan mendorong wasit, kartu kuning ke dua pun keluar sehingga Patrich harus diusir dari lapangan akibat akumulasi kartu.


Aksi protes masih berlanjut usai pertandingan. Pemain Sriwijaya terlihat berlari ke dalam lapangan mendekati wasit dan melakukan protes. Aksi itu memancing pasukan pengamanan dari kepolisian dan TNI untuk melerai pemain dan wasit yang terlibat adu mulut.


Mereka kemudian mengawal wasit hingga keluar lapangan. Salah satu pemain Sriwijaya kemudian menendang salah satu pengeras suara yang ada di tepi lapangan. Tak cukup di situ, pemain Laskar Wong Kito kemudian melempar botol air mineral ke arah penonton di tribun VIP.


“Awalnya yang lempar botol pemain tim yang putih, Sriwijaya. Dia menendang mick kemudian melempar botol ke arah suporter di tribun VIP,” kata Kasat Reskrim Polres Malang AKP Adam Purbantoro.


Pelatih dari dua tim kompak enggan mengomentari hal itu. Pelatih Persija Bambang Nurdiansyah berharap suporter tetap fair di dalam lapangan. “Saya nggak tahu persis kejadiannya, tapi kalau bisa janganlah (laser). Sportifitas harus dijunjung tinggi. Saya juga tidak tahu apakah itu Jakmania atau bukan,” katanya.


Sementara asisten pelatih Sriwijaya, Hendri Susilo enggan mengomentari ulah pemain Sriwijaya usai laga berlangsung. "Soal itu, soal wasit, saya no komen aja. Kalian (wartawan) sudah bisa melihat sendiri dan menilai apa yang terjadi,” katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya