Surabaya United Pertahankan 'Striker Nol Gol,' Ini Alasannya

Pemain Surabaya United, Thiago Furtuoso
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Zabur Karuru
VIVA.co.id
5 Nama Berebut Gelar Pemain Terbaik Piala Jenderal Sudirman
- Surabaya United terus mematangkan permainan mereka di Piala Jenderal Sudirman bersama pemain impor asal Brasil, Thiago Furtuoso. Meski belum mencetak satu gol pun, ia tetap dapat kepercayaan dari pelatih.

BSU Bantah Rumor Pindah Kandang ke Semarang
Sebelum merapat ke Surabaya United, nama Thiago sebenarnya kurang menjanjikan sebagai striker karena belum mencetak satu gol pun selama berkarir sebagai pesepakbola profesional.

20 Bonek Tak Bisa Pulang, Polisi Belikan Tiket Kereta
Meski demikian, tim pelatih "Bajul Ijo" mengaku cukup puas dengan performanya di pramusim dan mengikatnya untuk tampil di Piala Jenderal Sudirman. Sayang, belum satu gol pun dicetak Thiago dalam dua pertandingan pertama Grup C.

Namun, Surabaya United akan tetap menggunakan jasanya dalam turnamen ini. Bahkan, Thiago berpeluang menembus tim inti saat hadapi Persela Lamongan hari Jumat mendatang, 27 November 2015.

Hal itu terlihat dalam sesi latihan di Lapangan Sier, Rungkut. Thiago terlihat masih bergabung bersama deretan pemain inti. Arsitek Surabaya United Ibnu Grahan membagi skuadnya jadi dua kubu, menggunakan rompi dan tidak.

Tim pertama tidak mengenakan rompi adalah  pemain-pemain yang kerap masuk tim inti, sebut saja Putu Gede, Otavio Dutra, M. Fatchurohman, Asep Berlian, Evan Dimas, Ilham Udin Armaiyn, striker asal Paraguay, Pedro Javier, dan Thiago.

Ditanya soal keputusannya terus menurunkan Thiago dalam dua pertandingan pertama melawan PS TNI dan Persib Bandung, menurut sang pelatih hal tersebut mengacu pada beberapa faktor.

"Pada dasarnya semua pemain memiliki kans atau peluang yang sama untuk turun sebagai tim inti. Selain melihat penampilan mereka selama latihan, kami juga harus memantau kebugaran mereka hingga beberapa jam sebelum tanding," ujar Ibnu.

Walaupun tak ada penampilan menonjol yang ditunjukkan Thiago selama membela Surabaya United, kehadiran Thiago seperti dinilai mampu menyedot perhatian lini belakang lawan. Hal ini yang sepertinya diharapkan Ibnu dari sosok Thiago.

Surabaya United sendiri saat ini masih menduduki peringkat empat klasemen sementara Grup C dengan tiga poin dari dua pertandingan, hasil sekali menang dan sekali kalah. (ren)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya