9 Fakta Menarik Usai Barcelona Gilas Roma di Camp Nou

Para pemain Barcelona.
Sumber :
  • REUTERS/Paul Hanna
VIVA.co.id
5 Klub Sepakbola yang Sering Tampil di Final Liga Champions, Real Madrid Teratas?
- Barcelona tampil gemilang saat menjamu AS Roma di Camp Nou, dalam matchday 5 Grup E Liga Champions, Selasa 24 November 2015 atau Rabu dini hari WIB. Mereka menggilas Roma dengan skor 6-1.

Gila, Ini Format Baru Liga Champions!

(Baca: Messi Gemilang, Barcelona Hancurkan AS Roma)
Rangkuman Momen-momen Penting Duel Liverpool Vs Villarreal


Di babak pertama saja, Azulgrana sudah unggul 3 gol. Luis Suarez berhasil mencatatkan namanya di papan skor sebanyak 2 kali di masa ini. Satu gol lainnya di babak pertama dicetak oleh Lionel Messi.

Unggul 3 gol, Barca mengendurkan permainannya di babak kedua. Namun, efektivitas mereka di lini depan tak berkurang.


Buktinya, mereka mampu menambah 3 gol tambahan. Gerard Pique menyumbang gol di menit 56. Selang 3 menit, Messi mencatatkan namanya di papan skor untuk kali kedua. Dan Adriano Correia menjadi pencetak gol terakhir Barca pada menit 77.




Ada pun gol hiburan Roma lahir dari Edin Dzeko di injury time. Kemenangan besar Barca atas Roma juga diwarnai kegagalan penalti Neymar. Uniknya, Dzeko juga bernasib sama ketika mengeksekusi penalti.


Muncul beberapa fakta menarik usai laga ini. Dari data yang dihimpun VIVAbola lewat Opta dan situs resmi UEFA, setidaknya ada 9 fakta menarik yang layak Anda ketahui.


Berikut ini adalah 9 fakta menarik yang berhasil tercipta lewat laga Barca versus Roma:


1.
Secara konsisten, Barca mampu lolos dari fase grup Liga Champions. Total, sudah 12 musim beruntun mereka tampil di fase knockout Liga Champions.


2.
Kemenangan Barca atas Roma, dengan skor 6-1, menjadi yang terbesar bagi wakil Spanyol atas tim Italia. Sebelumnya, tak pernah ada wakil Spanyol yang bisa menang dengan margin 5 gol.


3.
Barca tak terkalahkan dalam 10 pertemuan terakhir dengan wakil Italia. Catatannya, mereka menang 8 kali (termasuk atas Roma) dan imbang di dua kesempatan.




4.
Kemenangan dini hari tadi juga memutus rekor buruk Barca saat bertemu Roma di Liga Champions. Sebelumnya, Barca diimbangi Roma 2 kali dan kalah sekali.


5.
Roma memperpanjang rekor buruknya di laga tandang Liga Champions. Di 8 laga tandang terakhir, Roma mengalami kekalahan 4 kali dan imbang di 3 kesempatan.


6.
Roma menjadi tim yang berhasil merusak keperawanan gawang Barca. Dalam 5 laga sebelumnya, Barca belum pernah kebobolan di semua ajang.


7.
Gerard Pique kini menjadi bek keempat yang paling sering cetak gol di Liga Champions. Total, dia mencatatkan namanya di papan skor dalam ajang Liga Champions sebanyak 10 kali. Cuma Roberto Carlos (16 gol), Ivan Helguera (15 gol), dan Christian Panucci (11 gol), yang mampu mengungguli Pique.


8.
Luis Suarez kini menjadi pemain tersubur di Liga Champions sejak musim lalu. Dia mencetak 12 gol, tanpa melalui eksekusi penalti.


9.
Secara keseluruhan (dengan penalti) Suarez sudah mencetak 13 gol dalam 20 laga perdananya di Liga Champions. Dan Suarez menjadi pemain Amerika Selatan pertama yang melakukannya. (one)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya