'Prancis Harusnya Tak Jadi Tuan Rumah Piala Eropa 2016'

Ilustrasi Polisi Prancis saat terjadi serangan teror di Paris.
Sumber :
  • Reuters
VIVA.co.id
Timnas Prancis Cemas Bakal Dibikin Repot Pemain 'Bau Kencur' Inggris
- Seluruh dunia sontak terkejut setelah Kota Paris kembali jadi sasaran aksi terorisme. Ratusan nyawa melayang, setelah jadi korban penembakan dan ledakan bom yang terjadi di 7 titik di ibukota Prancis tersebut.

Prancis vs Inggris; Sepakbola Pulang ke Rumah atau Deschamps Cetak Rekor?

Insiden yang terjadi pada Jumat 13 November 2013 waktu setempat, juga bertepatan dengan laga uji coba antara Timnas Prancis melawan Jerman. Usai insiden ini, situasi darurat nasional pun diberlakukan pemerintah Prancis. Sejumlah pertandingan olahraga ditunda jadwalnya.
5 Pesepakbola Termuda di Piala Dunia 2022, Ada yang Baru 17 Tahun!


Timnas Prancis pun hampir saja batal menggelar laga uji coba kontra Inggris. Tetapi, setelah ada komunikasi antara Federasi Sepakbola Prancis (FFF) dengan Federasi Sepakbola Inggris (FA), pertandingan pun akhirnya tetap akan dilangsungkan.


Melihat situasi ini, legenda hidup Timnas Prancis, Just Fontaine, sepertinya pesimis negaranya bisa menggelar Piala Eropa 2016. Pencetak gol terbanyak Piala Dunia 1958 yang kini sudah bersua 82 tahun ini menyebut Prancis harusnya melepas kesempatan menggelar Piala Eropa 2016, usai insiden ini.


Di usianya yang sudah senja, Fontaine tampaknya takut jika dalam pelaksanaan nanti, insiden terorisme kembali terulang.


"Setiap negara lain bisa menggelar acara tersebut (Piala Eropa 2016). Saya pikir, Prancis harus mengorbankan turnamen," kata Fontaine kepada surat kabar Jerman,
Die Welt
.


"Saya sangat takut jika 'Jumat Hitam' kembali terulang. Kami tidak bisa memberi jaminan keselamatan yang diperlukan saat jadi tuan rumah dalam acara besar. Ini terlalu berbahaya," imbuhnya.


Setelah kejadian ini, memang bukan hanya Fontaine yang ketakutan. Tapi, banyak warga Paris yang tentu mengalami trauma atas kejadian ini. Terutama bagi keluarga para korban. (one)


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya