Latih Klub Malaysia, RD Pensiun Dini dari TNI

Sumber :
  • Dyah Pitaloka/VIVAbola (6/3)
VIVA.co.id
Malaysia Lega 'Pisah' dari Indonesia di Piala AFF
- Satu lagi pelatih Indonesia akan hijrah ke luar negeri. Mantan juru taktik timnas Indonesia, Rahmad Darmawan, dipastikan bakal mencoba peruntungannya di Malaysia.

Patroli Laut Tiga Negara Diharapkan Dimulai Agustus Nanti

Pria yang akrab disapa RD tersebut dipastikan bakal menangani salah satu klub Malaysia Premier League (sekelas Divisi Utama), T-Team FC, RD telah menandatangani kontrak selama dua tahun bersama klub asal Kuala Trengganu tersebut.
Serunya Petualangan Film Animasi BoBoiBoy


"Ya, saya sudah sepakat dengan salah satu klub Malaysia asal Trengganu. Saya berangkat 30 November 2015 dan mulai melatih di awal Desember," kata RD kepada
VIVA.co.id
.


Demi mendukung karirnya di Malaysia, RD pun memutuskan untuk pensiun lebih awal dari TNI. Dengan pensiun dini dari TNI, menurut pria yang biasa menggunakan topi tersebut, fokusnya dalam meniti karir kepelatihan akan lebih terjaga.


"Saya bukan mundur, tapi pensiun. Ada aturan di kesatuan menyebutkan boleh pensiun lebih awal jika sudah 20 tahun mengabdi. Dan saya sudah 24 tahun di TNI. Keputusan pensiun lebih awal juga didasari atas alasan saya ingin fokus melatih," ujar RD.


Dengan demikian, pada 2015 ini, sudah ada dua pelatih yang mencoba peruntungan di luar negeri. Sebelum RD, pelatih muda Indonesia, Rudy Eka Priyambada, sudah hijrah ke Bahrain dengan bergabung ke klub Al Najma.


Jabatan asisten pelatih pun diduduki oleh pria lulusan Universitas Nasional, Jakarta, tersebut. "Mungkin tekanan di saya lebih tinggi karena jabatan saya pelatih kepala. Harapan saya, akan lebih banyak lagi pelatih nasional yang berani mencoba peruntungan di luar negeri," tutur RD. (one)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya