Cerita Slaven Bilic tentang West Ham dan Mimpi Klub Kecil

Manajer West Ham United, Slaven Bilic
Sumber :
  • Reuters/Eddie Keogh
VIVA.co.id
Liverpool Tunjuk Direktur Sepakbola untuk Pertama Kali
- Manajer West Ham Slaven Bilic menegaskan, klub-klub kecil harus bermimpi dan berjuang memperoleh tempat di Liga Champions. Tanpa mimpi, dia yakin klub seperti West Ham tidak akan mampu menghadapi tim-tim elit.

Moyes Sukses Ajak 2 Bek MU Merapat ke Sunderland

Hammers ada di posisi tiga klasemen sementara Premier League, setelah bermain dengan fantastis sejak awal musim. Mereka mengalahkan telah menumbangkan Arsenal, Liverpool, Manchester City dan Chelsea.
Guardiola Diragukan, Xavi Turun Tangan


Dilansir dari
Mirror
, Jumat, 30 Oktober 2015, Slaven Bilic telah memimpin West Ham menjadi tim yang diperhitungkan. Pelatih asal Kroasia itu yakin, klub asuhannya bisa bersaing memperoleh tempat di Liga Champions musim depan.


Selama satu dekade terakhir, hanya beberapa klub Inggris yang bisa bermain di Liga Champions, antara lain Arsenal, Liverpool, Manchester City, Manchester United dan Totthenham Hotspur.


Menurut Bilic situasi dapat segera berubah, terutama dengan perubahan regulasi dalam pembagian hak siar televisi. Klub-klub kecil Premier League akan memperoleh pendapatan besar, untuk mendatangkan pemain-pemain top.


Persoalannya kemudian apakah klub-klub kecil, itu bisa menjadi destinasi yang atraktif. Tanpa ambisi dan kemampuan untuk menjadi penantang, akan sangat sulit bagi mereka untuk meyakinkan pemain-pemain berkelas.


Bilic menyebut klub-klub kecil akan segera menyerah kalah, jika mereka tidak berani bermimpi. "Anda melihat banyak kejutan di setiap liga. Celta Vigo di Spanyol saat ini. Juga di Italia, Jerman dan Inggris."


"Sangat jarang (klub kecil menjadi besar) tapi itu mungkin. Kita semua klub di luar enam besar, harus berharap atau bermimpi, bahkan berencana dalam cara yang positif, tentang finis pada empat besar. Jika tidak, apa artinya bermain sepakbola?" ujar Bilic.


Dia pun menjadikan Chelsea sebagai contoh. Menurutnya tampak tidak mungkin, tim sebesar Chelsea yang berstatus juara musim lalu, dapat menjadi sangat buruk musim ini. "Jadi mengapa situasi sebaliknya tidak dapat terjadi pada kami?"


"Di sepakbola, kami ada untuk bermimpi," katanya. Bilic mengatakan berharap West Ham dapat mempertahankan performa hingga akhir musim, karena mereka punya pemain yang bagus, semangat tinggi untuk bekerja keras.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya