Serang Balik, Mourinho Terus Hantui FA

Pelatih Chelsea, Jose Mourinho
Sumber :
  • Action Images via Reuters / Ed Sykes
VIVA.co.id
Bertemu Conte, Hiddink Minta Saran soal Inter Milan?
- Bos Chelsea Jose Mourinho bertekad menghantui asosiasi sepakbola Inggris (FA) sepanjang musim ini, dengan memanfaatkan kalimat Arsene Wenger dalam serangan baliknya pada FA.

MU Mainkan Mkhitaryan Lagi, Mourinho Tidak Puas

Dilansir dari
Scholes Ramal MU Paceklik Trofi 2 Tahun
Mirror , Kamis, 22 Oktober 2015, Mourinho harus membayar denda £50.000 dan satu larangan tampil di stadion. FA menganggapnya bersalah karena mengatakan wasit takut memberikan penalti bagi Chelsea.


FA menilai Mourinho mempertanyakan integritas wasit dengan pernyataannya. Sejumlah pihak pun menilai FA menerapkan standar ganda, merujuk tidak konsistennya FA dalam menjatuhkan sanksi.


Mourinho kini akan menggunakan kata 'lemah dan naif' saat mengkritik wasit, lantaran FA tidak menganggap dua istilah itu bukan kesalahan, saat digunakan oleh bos Arsenal pada wasit Mike Dean, saat Arsenal kalah dari Chelsea, September silam.


Wenger menyebut Mike Dean lemah dan naif. FA tidak mempermasalahkan hinaan Wenger, bahkan mencabut tiga larangan bertanding bagi bek Arsenal, karena kartu merah yang diberikan wasit dalam pertandingan.


Mourinho telah mulai menggunakannya pada wasit Slovenia, Damir Skomina, yang memimpin pertandingan Liga Champions Chelsea vs Dynamo Kiev. Menurutnya Skomina lemah dan naif karena tidak memberikan penalti bagi Chelsea.


UEFA mengatakan pada Rabu, 21 Oktober, dalam posisi sulit untuk mengambil tindakan, lantaran sanksi pada Mourinho akan mempermalukan FA, yang membebaskan Wenger untuk penggunakan kalimat itu.


Mantan wasit Inggris Mark Halsey, ikut mengecam FA dan menilai ada standar ganda. Dia membandingkan sanksi bagi Mourinho, serta sanksi bagi manajer Bolton, Neil Lennon, pada awal Oktober lalu.


Lennon dikenakan denda dengan nilai hanya £3.500 karena komentarnya, menyebut wasit Darren Drysdale sebagai orang paling memalukan, serta menyebutnya bias saat memimpin pertandingan Bolton vs QPR.


Pernyataan Lennon memang secara jelas bernada menyerang, tapi dia hanya dijatuhi denda bernilai rendah. Tidak ada unsur menghina dalam pernyataan Mourinho, namun pelatih asal Portugal itu mendapat sanksi lebih berat.


Halsey juga mengaitkan dengan pernyataan Arsene Wenger, yang menyebut wasit Mike Dean lemah dan naif, saat Arsenal kalah dari Chelsea pada September silam. Walau menghina wasit, tidak ada tindakan terhadap Wenger.


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya