Niat Pensiun Dini, Diakui Ferguson Jadi Kesalahan Terbesar

Sir Alex Ferguson menyaksikan laga Manchester United
Sumber :
  • REUTERS/Nigel Roddis
VIVA.co.id
Harry Maguire Belum Pantas Jadi Kapten Manchester United
- Sir Alex Ferguson kini memang sudah tak lagi jadi arsitek Manchester United, usai pensiun tahun 2013 lalu. Namun, jauh sebelum itu, Fergie pernah mengumumkan ingin pensiun dini di awal musim 2001/2002.

5 Pertemuan Terakhir MU Vs Tottenham, Hujan Gol dan Pembantaian

Hal ini diakui Fergie sebagai kesalahan terbesar yang pernah ia lakukan. Pengumuman dirinya ingin pensiun dini sebelum musim selesai, ternyata punya dampak besar bagi mental pemain dan para stafnya.
Marcus Rashford Gantikan Kylian Mbappe di PSG?


Namun, akhirnya Fergie pun mengurungkan niatnya untuk pensiun. Banyak masukan yang jadi pertimbangannya, termasuk dari istri dan ketiga anaknya.


"Sangat penting untuk mendengarkan staf Anda. Pada tahun 2005, periode itu kami tidak memenangkan apapun. Sebelum itu saya punya niat pensiun, dan saya pikir semua orang terkena dampaknya," ungkap Ferguson kepada
ESPN
.


"Ini adalah sebuah kesalahan, kemudian istri dan ketiga anak saya mengubah sikap saya ke arah itu, dan saya mulai berpikir," imbuhnya.


Di masa Fergie mengumumkan bakal pensiun dini, prestasi Setan Merah memang mengalami penurunan. Periode 2004 hingga 2005, tak ada satupun gelar yang bisa diraih MU saat itu.


"Kesalahan terbesar yang saya buat adalah mengumumkannya (musim 2001/2002). Saya pikir banyak dari mereka meletakkan pekerjaannya untuk pergi," lanjut Fergie.


"Mereka berpikir 'pelatih akan pergi', tapi saat saya berubah pikiran di bulan Januari (2002), saya mulai berpikir tentang United lagi dan bagaimana kami bisa menempatkannya di atas lagi," tuturnya.



Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya